Browse By

Ubuntu Siap Luncurkan Ponsel

Sharing!

Ubuntu Ponsel (Foto:salingsharing)

Ubuntu, sistem operasi komputer gratis yang berbasis Debian Linux pada tahun ini siap mencoba pasar sistem operasi smartphone. Mark Shuttleworth selaku pendiri perusahaan Canonical (perusahaan dibalik Ubuntu), juga akan mengumumkan distribusi sistem operasi Ubuntu.

Dilansir dari “MobileIndustryReview”, pada hari Selasa, 15 Januari 2013, percobaan sistem operasi Ubuntu pada smartphone telah dibuktikan oleh perangkat Google Nexus. Pengujian tersebut membuktikan bahwa Ubuntu berjalan lancar pada perangkat berbasis Android.

Tetapi, ini hanya sebuah pengujian yang dilakukan Canonical, untuk mempersiapkan Ubuntu masuk dan siap dalam persaingan pasar sistem operasi pada smartphone. Shuttleworth menyadari, bahwa pihaknya sedang menghadapi tantangan baru di dunia pasar smartphone yang sangat kompetitif. Sebagai pemula, Canonical akan mempersiapkan Ubuntu untuk memilih pasar “low-end”, yaitu pasar dengan 30% penggunaan ponsel pintar terletak pada fungsi dasar yaitu tidak menggunakan Java sebagai mesin “virtual”.

banneracai TANAH WAKAF

Untuk kategori lainnya, Ubuntu akan mengikuti persaingan dengan memunculkan sebuah superphone. Dengan perangkat yang mereka klaim mempunyai kekuatan lebih dari sekedar smartphone, Canonical berkeyakinan pengguna akan dapat menginstall Ubuntu dengan mudah pada handset yang dimilikinya. Untuk Goggle Nexus mungkin akan datang sekitar 3 minggu lagi. Hanya saja, Canonical berharap Ubuntu sudah berada dalam dalam satu paket pengiriman smartphone. (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: