Browse By

Tips untuk Penderita Maag

Sharing!

ilustrasi gambar sakit maag

Mereka yang memiliki maag kronis seringkali bergantung pada obat-obatan. Kenyataannya obat maag hanya mengatasi gejalanya sehingga diperlukan perubahan gaya hidup agar asam lambung tidak naik kembali. Beberapa cara ini dapat dilakukan untuk menangani maag.

Kenali makanan yang menjadi musuh Anda

Hindari makanan  yang dapat menaikkan asam lambung seperti makanan pedas, cokelat, bawang mentah dan sejenisnya. Jeffrey Alexander mengatakan jika makanan tinggi lemak dapat menghaluskan otot sphincter yang dapat mengunci esophagus bagian bawah. Jika kunci esophagus lemah maka asam lambung akan naik.

Pilih-pilih minuman

Hindari minuman karbonisasi, alkohol, jus buah agar tidak menaikkan asam lambung. Konsumsi minuman Anda dan catatlah dalam gadget agar tidak mudah lupa.

Minum lebih banyak air

Menurut  Ronald L. Hoffman minum air putih yang banyak dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Tidur dengan posisi tepat

Jangan langsung berbaring setelah makan dalam porsi yang banyak. Tunggu beberapa jam jika ingin tidur agar asam lambung tidak naik. Jika maag masih sering kambuh sebaiknya posisi kepala dinaikkan enam inchi lebih tinggi ketika tidur.

Turunkan berat badan

banneracai TANAH WAKAF

Masalah kesehatan sering terjadi pada orang yang obesitas termasuk asam lambung yang naik. Perubahan gaya hidup dan olahraga teratur perlu dilakukan agar lemak menjadi turun sehingga asam lambung tidak kambuh.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: