Browse By

Tips Sukses Untuk Budidayakan Ikan Lele

Sharing!

Ilustrasi Sukses Budidaya Ikan Lele

Setelah kita benar-benar mengetahui syarat hidup yang memang dibutuhkan untuk membudidayakan ikan lele, jika saja hal tersebut sudah dapat dipenuhi, maka mulai saat ini kita bisa untuk memulai budidaya ikan lele. Berikut dibawah ini ada 5 tipsĀ Sukses Untuk Budidayakan Ikan Lele , semoga bermanfaat :

1. Mengenali Ikan Lele

Pertama yang harus dilakukan dan dipahami adalah mengenali ikan lele yang akan dibudidayakan, dengan cara mengenali jenis ikan lele apa yang akan dibudidayakan dan jenis makanan apa saja yang cocok untuk jenis ikan lele tersebut.

2. Mempersiapkan Kolam

Mempersiapkan Lahan untuk pembuatan terpal kolam ikan lele. Keruk lahan sedalam minimal 50 cm kemudian buat rangka untuk terpal kolam, bisa dengan menggunakan bambu atau rangka khusus terpal yang dibuat pas dengan ukuran kerukan tanah tersebut. Masukkan dan Pasang terpal dengan baik dan secara hati-hati supaya terpal tidak bocor.

3. Persiapan Air Kolam

Banyak penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele yang disebabkan oleh kondisi air yang tidak memenuhi syarat. Dalam usaha budidaya ikan lele, persiapan air kolam ini wajib dan berperan sangat penting. . Air untuk kolam bisa memakai air dari sumber manasaja dengan syarat kadar besi rendah, PH air yang baik untuk ikan lele adalah antara 7 sampai dengan 8, dan apabila menggunakan air PAM harus diendapkan dulu 1 sampai 3 hari, supaya koporit menguap.

4. Pakan Lele

Pemberian pakan ikan lele yang salah dapat mengakibatkan pemborosan uang dan juga bisa membuat ikan lele menjadi mati, oleh karena itu pemberian pakan ikan lele yang tepat dan teratur sangatlah penting

5. Pengambilan & Penebaran Indukan atau Bibit

banneracai TANAH WAKAF

Belilah benih yang baik ditempat yang sudah terpercaya. Setelah itu proses pengiriman indukan dan pelepasan benih ikan lele ke dalam kolam harus dengan cara yang benar.
Pada tahap pembenihan juga ada proses penyortiran. Pembudidaya ikan lele biasanya melakukan proses puasa pada benih lele sebelum melakukan penyortiran maupun pembesaran selama setengah hari, karena bibit lele yang ditebar & langsung diberi pakan lebih rentan terserang penyakit & mengalami kematian.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: