Tips Merawat Kampas Rem Sepeda Motor

kampas rem (Foto:otomotifnet)
kampas rem (Foto:otomotifnet)

Dalam sebuah kendaraan roda dua, terdapat komponen-komponen penunjang keselamatan bagi pengendaranya. Dari beberapa komponen keselamatan tersebut, salah satu yang cukup penting adalah kampas rem. Karena komponen ini memegang peran yang sangat vital maka perlu diperhatikan dengan baik.

Jika terjadi kerusakan bisa menimbulkan bahaya yang sangat fatal. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan khusus pada komponen yang satu ini. Berikut kami sampaikan tips merawat kampas rem agar dalam berkendara menjadi aman :

  1. Sediakan perlengkapan untuk membuka as roda seperti kunci L dan beberapa kunci pass sesuai dengan ukuran baut.
  2. Setelah as roda lepas, saatnya untuk membuka kaliper cakram untuk melihat kondisi kampas rem.
  3. Cek ketebalan kampas rem, jika sudah tipis maka segera lakukan penggantian namun jika masih cukup tebal cukup lakukan pembersihan saja.
  4. Pada beberapa kasus, cakram menimbulkan suara gesekan “mendecit”. Suara tersebut dari kotoran-kotoran yang menempel pada kampas.
  5. Untuk membersihkan kampas rem dapat menggunakan amplas tipis untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kampas seperti karat ringan dan pasir-pasri halus yang menempel pada kampas. Kemudian lap kampas secara merata.
  6. Setelah itu kemudian pasang kembali kampas rem pada kaliper seperti posisi semula dan pastikan semua baut telah kencang. Kemudian cek handle rem (tuas).
  7. Jangan kaget apabila handle akan terasa “ngeblong”. Tekan handle rem terus menerus hingga rem dapat berfungsi dengan baik.

Demikian tips merawat kampas rem motor yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.(chy)

Tinggalkan Balasan