Browse By

Tips Memilih cat dinding Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Sharing!

cat dinding yang tepat

Upaya renovasi yang membutuhkan dana sedikit adalah mengubah suasana rumah dengan mengganti cat dinding rumah. Dalam proses pengecatan, terdapat faktor yang harus dipertimbangkan. Kita harus tahu bahan dasar cat yang akan digunakan, seperti bahan perekat, pigmen atau bahan pewarna,eksten, bahan pelarut, maupun bahan pengisi.

Bahan tersebut masih ramah lingkungan dan aman. Jika ingin mewarnai bagian dinding luar, disarankan menggunakan cat tembok dengan dasar 100% acrylic emulsion. Victor Taslim, selaku Sales Manager cat eksterior Jotun mengatakan bahwa kandungan cat kualitas baik biasanya mengandung bahan dasar acrylic yang mempunyai daya lekat kuat serta mampu mengikat partikel zat warna hingga sempurna, sehingga warna terlihat lebih awet dan tidak cepat memudar.

Cat yang berkualitas bagus mengandung bahan pengisi seperti kapur dan kaolin dengan kandungan lebih sedikit dibandingkan cat yang berkualitas biasa.Cat dengan berkualitas tinggi tentu harganya lebih mahal dibandingkan dengan cat berkualitas biasa. Menurut Viktor, keuntungan lain dalam pemakaian cat berkualitas baik adalah mempunyai ketahanan lapisan cat yang tinggi terhadap cuaca, jamur lumut,serta sengatan panas matahari maupun perubahan cuaca.

Cat bermutu tinggi lebih irit jka dibandingkan dengan cat yang mempunyai mutu yang rendah. Perlu dua sampai tiga lapisan saja tembok rumah anda dapat tertutup sempurna. Jika hanya menggunakan kualitas yang standart bahkan kurang baik, akan membutuhkan hingga empat sampai lima lapisan.

Menurut keterangan Viktor, bahwa terdapat tiga jenis cat tembok yang berkualitas bagus untuk dinding rumah yaitu seperti acrylic 100 % yang dibuat khusus untuk kelas cat interior premium, kemudian ada acrylic emulsion yang merupakan beberapa gabungan dari acrylic 100 % , vynil versatic, dan vinyl acrylic.

Menurut arsitek terlenal. Rizky Artando, bahwa beberapa persiapan penting yang wajib dilakukan sebelum proses pengecatan adalah seperti membersihkan terlebih dahulu seluruh permukaan dinding rumah dari kotoran . Pastikan kondisi dinding tidak begitu lembab, bersihkan seluruh bekas cat yang lama hingga rata, jika perlu bersihkan sisa cat lama dengan menggunakan ampelas.

banneracai TANAH WAKAF

Sebelum memulai pengecatan, biasanya dinding yang akan di cat dibersihkan hingga permukaannya bersih tampak seperti baru. Jika perlu permukaan tembok diukur nilai PH menggunakan kertas lakmus. Menurut viktor, tembok yang siap dicat biasanya PH berkisar 8 sampai 9. (chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: