Browse By

Tips Membuat Anak Jera Merokok

Sharing!

Ilustrasi Berhenti Merokok (Foto:kompasiana)

Ilustrasi Berhenti Merokok (Foto:kompasiana)

Seharusnya orang tua mengetahui bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Sehingga ketika melihat anak Anda merokok menginjak usia remaja harus dihentikan. Inilah cara membuat anak jera merokok.

1. Bersikap tenang.
Ketika melihat anak Anda merokok di dalam kamar, hadapilah dengan tenang. Emosi yang berlebihan tidak akan menyelesaikan masalah, ingatlah karena dia anak Anda.

2. Ambil rokok dari tangan anak Anda.
Dengan sikao yang tenang, minta anak untuk menyerahkan semua rokok yang dia miliki. Karena anak yang diam-diam merokok di kamar, tidak mungkin hanya memiliki satu batang rokok.

3. Diskusikan.
Cobalah untuk memahami emosi anak dan berdiskusi sejak kapan dia merokok, alasan dia merokok dan darimana mendapatkannya. Kemudian jelaskan dampak buruk merokok dan ajaklah dia berpikir untuk tidak merokok.

4. Berkomunikasi.
Usia anak yang telah remaja harus diantisipasi dengan komunikasi yang selalu terhubung. Selalu aktif menenyakan kegiatan di sekolah dan bagaimana pergaulannya akan mengalihkan perhatian anak dari merokok secara perlahan.

banneracai TANAH WAKAF

5. Katakanlah semua demi kebaikannya.
Sebaiknya tidak sampai berkata untuk menghukum anak ataupun melarang anak merokok di dalam rumah. Hal itu hanya akan membuat anak merokok di luar rumah. Katakanlah jika Anda sangat menyayanginya dan tidak ingin melihatnya merokok lagi.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: