Browse By

Teh Celup Hanya Untuk 1 Kali Pakai

Contoh Tampilan Teh Celup (Foto:image.google)

Menurut anda, apakah cara anda menyeduh teh selama ini sudah benar? Salah satunya dari penggunaan teh celup yang akan diuraikan oleh seorang Pakar Teh Indonesia, Ratna Soemantri.

Berdasarkan yang dilansir dari Okezone, selasa, 15 Januari 2013, di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Ratna menjelaskan bahwa teh celup itu tidak dapat digunakan berkali-kali. Karena jika digunakan berkali-kali maka akan berdampak tidak baik.

Ratna juga menambahkan bahwa karena pembungkus teh celup menggunakan kertas yang mengandung bahan kimia, maka jika diseduh beberpa kali, penikmat teh bukan hanya akan merasakan teh tetapi juga akan menelan kandungan kimia yang terkandung dalam pembungkus teh celup tersebut. Meskipun selama ini memang belum ada penelitian bahwa teh tidak boleh diseduh berkali-kali.

Menurut Ratna, teh celup akan terasa lebih nikmat jika hanya digunakan satu kali saja, akan tetapi jika teh celup tersebut terbuat dari nilon, mungkin akan dapat digunakan berulang kali.

Pada proses pembuatannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar teh terasa nikmat saat dikonsumsi, teh celup harus ditaruh dalam gelas bersih yang belum dipakai dan dituang dengan air panas. Ratna juga menjelaskan bagaimana cara agar teh dapat terseduh dengan sempurna. Menurutnya agar teh bisa sempurna, maka jangan dituang air panas dahulu dalam gelas.

banneracai

Dalam pembuatan teh, kita juga harus mempertimbangkan tentang waktu pembuatannya karena jika semakin lama teh direndam dalam air, maka hasilnya rasa teh akan semakin pahit karena teh juga semakin pekat.

Menurut Ratna, jika kita bisa menyeduh teh dengan cara yang benar, maka teh akan dapat kita nikmatin sepanjang hari sampai batas maksimal. Dia juga menambahkan bahwa dalam perendaman teh hanya membutuhkan waktu 2 menit saja tidak lebih agar khasiat dan manfaat dan kenikmatan teh akan kita dapat karena penyeduhan yang sempurna. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: