Browse By

Suzuki Bersikap Bijak Atas Munculnya Mazda VX-1

Sharing!

Logo Perusahaan Suzuki

Logo Perusahaan Suzuki

Suzuki Indomobil Sales (SIS) menanggapi dengan bijak atas hadirnya Mazda VX-1 sebagai kembaran dari Suzuki Ertiga. Peluncuran Mazda VX-1 sendiri sudah dilakukan oleh pihak Mazda Motor Indonesia (MMI) sejak pekan lalu. Mazda VX-1 menggunakan platform yang sama dengan Suzuki Ertiga. Hal tersebut juga berarti bahwa digunakan platform Swift pada mobil Mazda VX-1.

Untuk target pasar, Mazda VX-1 yang hadir dengan tampilan penuh aura kemewahan ala zoom-zoom Mazda memang berada di atas Ertiga. Namun untuk saat ini, belum ada varian matik (transmisi otomatis) pada Mazda VX-1.

Davy Tulian, selaku 4W Marketing and DND Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), menyatakan bahwa saat ini untuk sebuah produk dipasarkan dengan dua merk sudah menjadi hal yang biasa. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang mengherankan bahkan jika sampai satu produk dipasarkan dengan tiga sampai empat merk sekaligus. Pernyataan ini disampaikan saat peluncuran Suzuki Ertiga matik, pada hari Jumat, 17 Mei 2013, di Jakarta.

Davy Tulian juga menyatakan bahwa tidak terjadi kolaborasi penjualan dengan pihak Mazda Motor Indonesia (MMI) karena “marketing positioning” nya pun berbeda.

Endro Nugroho, selaku 4W Sales Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), juga menjelaskan bahwa segmen antara keduanya berbeda dan menawarkan atribut yang berbeda pula. Pihak MMI juga memberikan harga yang lebih tinggi dibandingkan Suzuki Ertiga. Dirinya menganggap bahwa itu merupakan suatu sinyal bahwa segmen pasarnya berbeda walaupun tetap ada yang sama. Pernyataan tersebut disampaikan di tempat yang sama saat peluncuran Suzuki Ertiga matik.

banneracai TANAH WAKAF

Selain itu, Ia juga menambahkan bahwa “rebadge” adalah hal yang biasa karena porsi pasar untuk jenis low MPV sangat besar di Indonesia. Jadi untuk kemungkinan mendapatkan kesuksesan pun juga tinggi. Semua tergantung dari respon konsumen mengenai mobil VX-1 yang menjadi saudara Ertiga. (chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: