Sutiyoso Mempertanyakan Rencana Kopaja Masuk Jalur Busway

Bagikan!

Sutiyoso (Foto:itoday)
Sutiyoso (Foto:itoday)

Joko Widodo selaku Gubernur DKI Jakarta merencanakan untuk mengintegrasikan Kopaja dan Metromini agar dapat melalui jalur TransJakarta. Sutiyoso, mantan Gubernur DKI Jakarta, menilai bahwa hal tersebut dapat mengurangi keistimewaan TJ yang mempunyai jalur khusus.

Pada hari Selasa, 15 Januari 2013, di Newseum Cafe, Jalan Veteran I Nomor 31, Jakarta pusat dalam acara Refleksi dan Temu Kangen Bersama Para Peletak Dasar TransJakarta Busway, Sutiyoso mengungkapkan bahwa integrasi busway hanya akan membuat busway tidak istimewa lagi. Dia juga ragu dengan diterapkannya Kopaja dan Angkot masuk busway.

Menurut Sutiyoso, armada TransJakarta memiliki bentuk yang berbeda dengan angkutan massal lainnya, karena pintu dari bus tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan bus-bus lainnya.

Sutiyoso mengkhawatiekan jika ketika TransJakarta sedang mengangkut penumpang, tiba-tiba bus Kopaja menyerobot keluar busway, kemudian dengan seenaknya bisa masuk busway lagi. Menurut Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, masalah seperti ini membutuhkan kerjasama yang baik. Untuk itu, bang Yos akan melihat sendiri penerapan integrasi angkutan umum tersebut.

Jadwal pelaksanaan pemberlakuan Kopaja dengan TransJakarta pada Koridor I Blok M-Kota mundur sepekan dari yang sudah direncanakan. Menurut Jokowi, karena semuanya belum siap, maka harus diundur, dari yang direncanakan tanggal 15 Januari 2013 kemarin. (apz)

Bagikan!

Leave a Comment