Browse By

Sungai Di Jakarta Banyak, Tetapi Warga Kurang Air Bersih

Sejumlah kawasan di Jakarta yang dilanda banjir, membuat pasokan air bersih terancam akan berkurang. Terkait hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menyatakan pihaknya akan memperbaiki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) agar dapat mengatasi hal tersebut.

“IPAL harus kita perbaiki. Jika pengelolaan air limbah tidak beres, Jakarta mengalami hujan seperti apapun sungainya tidak akan bisa digunakan,” ucap Basuki di Balai Kota Jakarta, rabu, 16 Januari 2013.

Kata Ahok, dari 13 sungai yang mengalir di Ibu Kota, sungai yang masih tergolong baik hanya kali Pesanggarahan saja. ” Sungai Pesanggrahan saja yang masih lumayan. Sedangkan yang lainnya hampir sudah tidak bisa dipakai, dikarenakan hanya dua persen. Coba dibayangkan Solo ketika Jokowi menjadi Walikota, bisa mencapai pengolahan air limbah jika tidak salah 28 persen. Jadi, kemungkinan diatas 20 persen, sedangkan DKI hanya 2 persen,” ungkap Ahok.

banneracai

Sungai Di Jakarta (Foto:tribunnews)

Ahok juga menyampaikan, seharusnya dengan dialiri 13 Sungai Di Jakarta, DKI mampu memasok 100 persen air untuk seluruh penduduk. “Namun pada kenyataannya tidak bisa dilakukan. Karena semua (limbah) dibuangnya ke sungai. Nah hal tersebut harus kita kejar, dan kita selesaikan,” Lanjutnya kembali.

Atas semua hal tersebut, Ahok mengklaim bahwasannya Jokowi telah melakukan analisa untuk mengatasi masalah tersebut. “Bapak Gubernur sudah bertemu dengan Wakil Presiden dan Japan International Cooperation Agency (JICA). Beliau sudah punya analisis, hanya saja ini semua dibawah naungan pusat, tinggal kita share saja. Mengapa tidak dilakukan pembangunan agar IPAL bisa berjalan dengan baik,” Ungkap Ahok kembali. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: