Sumber Vitamin Terbaik Dari Alam

Buah-Buahan Sumber Vitamin Alami
Buah-Buahan Sumber Vitamin Alami

Sesuai dengan perkembangan zaman banyak ditemukan vitamin yang telah dikemas di dalam kemasan. Efek mengkonsumsi suplemen kemasan tentu akan berbeda dengan yang berasal dari alam seperti buah-buahan/makanan organik dengan kandungan mineral dan vitamin yang tinggi. Dikutip dari situs health, inilah sumber vitamin yang alami tanpa efek samping:

Vitamin A
Vitamin ini berperan penting untuk meningkatkan sistem imun dan menjaga fungsi retina, kornea dan membran pada mata. Kandungan vitamin A yang paling tinggi terdapat di ubi jalar bukan terdapat di wortel. Satu ubi jalar yang sedang dapat memenuhi separuh takaran vitamin A yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan orang dewasa.

Vitamin B6
Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu pembentukan hemoglobin, menyeimbangkan kadar gula dan membentuk antibodi di dalam tubuh untuk melawan penyakit. Sumber vitamin ini berasal dari ikan, hati sapi, dan hewan unggas. Untuk yang vegetarian dapat menggantinya dengan buncis dan kacang garbanzo yang biasa digunakan dalam salad dan sup. Biasanya dijual dalam bentuk kaleng/sudah kering. Sekaleng kacang garbanzo mampu mencukupi 55% kebutuhan vitamin B6 yang diperlukan.

Vitamin B12
Memiliki fungsi untuk menjaga sistem syaraf, membentuk DNA dan sel darah merah sehingga vitamin ini disarankan untuk penderita anemia. Vitamin B12 bersumber dari unsur hewani dan paling tinggi terdapat di kerang yang dimasak. Namun makanan seperti hati sapi, salmon dan tuna dapat dijadikan pilihan pengganti sumber vitamin B12.

Vitamin C
Vitamin C sangat berperan penting karena memiliki kandungan antioksidan, metabolisme protein dan sintesis neurotransmitter. Jeruk tidak menjadi sumber vitamin C yang tinggi karena paprika merah memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi daripada yang terdapat di dalam jeruk. Alternatif penggantinya terdapat di dalam buah kiwi, brokoli, kubis, dan melon.

Vitamin D
Vitamin ini akan bekerja aktif saat kulit terkena sinar matahari pagi dan dapat membantu penyerapan kalsium bagi pertumbuhan tulang, sel, imunitas dan menyembuhkan peradangan. Sumber vitamin D yang alami terdapat di susu, sereal, yogurt, jus jeruk dan ikan salmon.

Vitamin E
Vitamin E menjadi antioksidan yang paling bagus, dapat melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan karena radikal bebas, berperan penting dalam imunitas tubuh dan bisa menghentikan pendarahan. Sumber vitamin E didapat dari biji bunga matahari, kacang almond dan minyak gandum. Minyak gandum menjadi sumber vitamin E paling tinggi dengan kadar 100% dari asupan yang disarankan bagi orang dewasa. Dengan mengkonsumsi 20,3 miligram setiap harinya dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian Anda. (chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.