Browse By

Shanghai Tower, Gedung Tertinggi Kedua di Dunia Hemat Hingga Rp600 Milyar

Sharing!

Shanghai Tower (Photo:anotherpartofme.com)

Negeri tirai bambu China, kembali mencatatkan sebuah prestasi dalam dunia arsitektur modern. Diumumkan oleh salah satu pengembang properti setempat, bahwa skyscraper (gedung pencakar langit) baru, yaitu Shanghai Tower di China sudah sampai pada proses pentutupan atap (topping off).

Shanghai Tower yang memiliki tinggi 632 meter ini menduduki peringkat kedua sebagai gedung tertinggi di dunia. Gedung ini terdiri dari 121 lantai. Sedangkan peringkat pertama diduduki oleh Burj Khalifa di Dubai.

Terdapat satu hal menarik pada desain arsitektur gedung Shanghai Tower ini, yaitu pada bentuk fasad yang dibuat memutar sehingga dapat mengurangi sebesar 24% beban angin apabila terjadi badai. Bahkan, di puncak gedung tersebut terdapat sebuah taman terbuka yang bergaya tradisional.

Tim desain dan konstruksi dalam pembangunan Shanghai Tower ini berada di bawah naungan Gensler Architecture. Mereka menghasilkan rancangan komponen konstruksi yang sangat luar biasa, sehingga mampu mengakomodasi menara agar dapat berdiri tepat di tengah distrik bisnis Pudong.

Bahan dasar yang digunakan untuk menopang beban gedung ini adalah tanah liat. Alhasil, sebanyak 831 tiang pancang bor beton harus segera ditancapkan dalam kurun waktu kurang lebih selama 60 jam. Dengan kondisi geografis China yang sering dilanda bencana angin topan, maka struktur gedung ini harus dirancang sedemikian rupa agar kuat menghadapi terpaan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Dezeen, Sabtu, 3 Agustus 2013, Bentuk fasad gedung sengaja dibuat memutar untuk mengurangi beban angin. Ternyata dengan bentuk fasad memutar itu juga dapat menghemat biaya konstruksi sebesar USD 58 juta atau setara dengan Rp 600 miliar.

banneracai TANAH WAKAF

Gedung Shanghai Tower adalah gedung mixed-use yang terdiri dari hotel, apartemen, perkantoran, pusat ritel, dan fasilitas budaya. Shanghai Tower akan resmi dibuka pada tahun 2014 mendatang.(chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: