Browse By

Salah Memasak, Susu Menjadi Kurang Segar

Sharing!

Ilustrasi gambar Susu Segar Murni

Ilustrasi gambar Susu Segar Murni

KESEGARAN susu murni bisa menjadi rusak dan tidak segar apabila anda salah memasaknya. Susu cair sangat rentan sekali terpisah diantara lemak dan air sehingga menjadikan kesegaran susu dapat berkurang.

Jika susu direbus langsung ke dalam panci keadaan panas maka susu akan berubah bentuk menjadi menyusut, menurut Oban Subur, sebagai pemilik Sumur (Susu Murni) Kartini di Cirebon, baru-baru ini.

Sebaiknya anda jangan langsung menuangkan susu murni ke dalam panci dalam kondisi panas, sebab susu akan terkena langsung dengan panci yang terbuat dari logam. Dan ini bisa mempengaruhi kualitas dan rasa susu cair menjadi kurang segar.

Cara aman ketika merebus susu yaitu dengan cara memasukkan susu yang masih dalam kemasan plastik ke dalam satu gelas air hangat. Usahakan suhu panas susu dalam keadaan stabil, berkisar diantara suhu 60-70 derajat Celsius.

Jika air terlalu panas, membuat susu akan menjadi keluar busanya, sehingga lemak dan air pada susu akan menjadi terpisah, lanjutnya.

banneracai TANAH WAKAF

kandungan dalam susu murni banyak mengandung protein yang bersifat tidak tahan pada panas disebut dengan termolabil. Dan jika pemanasan dalam susu tetap berlanjut maka kandungan protein dalam susu akan menjadi rusak atau yang disebut dengan denaturasi.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: