Browse By

Resep dan Cara Membuat Kastengel Keju yang Gurih

Sharing!

Kastengel Keju (Foto:inforeseps)

Kastengel Keju (Foto:inforeseps)

Kastengel Keju adalah salah satu kue khas ala bulan Ramadhan. Memang rasanya seperti kurang afdhol jika saat Lebaran tiba, tidak tersaji kue kastengel keju di meja tamu. Namun tidak selamanya kue kastengel keju ini hanya bisa dinikmati saat bulan Ramadhan atau lebaran saja. Bagi anda yang merindukan masa-masa bulan Ramadhan, anda dapat membuat sendiri kue kastengel keju untuk dinikmati bersama keluarga ataupun untuk suguhan bagi tamu yang datang ke rumah. Akan kami sajikan resep dan cara pembuatan kue kastengel keju yang mudah.

Bahan:

  • Kuning telur 2 butir ( untuk olesan )
  • Kuning telur 3 butir ( untuk adonan )
  • Tepung terigu protein rendah 250 – 300 gram, diayak yang rata.
  • Roombutter( mentega putih ) 15g.
  • Keju parut cheddar 75g.
  • Keju parut edam (keju tua) 150g
  • Margarine 185g.

Langkah-langkah pembuatan :

banneracai TANAH WAKAF
  1. Kocok margarine dan roombutter sampai lembut. Sambil terus dikocok, tambahkan 3 kuning telur satu per satu (secara bertahap).
  2. Selanjutnya, masukan tepung terigu perlahan-lahan (secara bertahap) sambil diaduk dan tambahkan parutan keju tua, aduk hingga rata.
  3. Masukan adonan kue kastengel keju ke dalam plastik berbentuk segitiga dan potong bagian ujungnya dengan diameter 1 cm.
  4. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan margarine, semprot adonan kue kastengel keju yang sudah dimasukkan plastik dan potong-potong secara rapi dan seragam di atas loyang. Panjang kira-kira 3 cm lalu olesi dengan kocokan kuning telur kemudian taburkan dengan parutan keju cheddar.
  5. Tahap akhir, panggang adonan yang sudah siap di dalam oven. Atur suhu 160°C, dan waktu pemanggangan kurang lebih selama 20 menit.
  6. Setelah kue matang, diamkan sebentar hingga dingin lalu masukkan ke dalam toples kedap udara dan simpan di tempat yang kering dan sejuk agar kue dapat bertahan lama.

Demikian resep dan cara pembuatan kue kastengel keju silahkan praktekan langsung dirumah semoga bermanfaat bagi para pembaca.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: