Browse By

Rangka Baja Ringan Tahan Api dan Gempa

Sharing!

Rangka Baja Ringan PT. NS Bluescope Lysaght

Rangka baja ringan diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menghadapi getaran gempa. Berikut akan dijelaskan bagaimana sebuah rangka baja ringan dapat dikatakan memiliki kekuatan yang lebih baik padahal berdiri secara satuan.

Irosa Wahyudi, selaku Engineering & Development Manager PT. NS Bluescope Lysaght, menjelaskan bahwa rangka baja ringan telah diuji laboratorium di Jepang. Hasilnya menunjukan bahwa rangka baja ringan hasil produksi mereka mampu bertahan terhadap gempa hingga 10 SR (skala richter).

Wahyudi mencontohkan rumah dengan rangka baja ringan dapat berdiri kokoh ketika terjadi gempa di Aceh sebesar 8,6 SR. Dirinya juga menjelaskan apabila desain rangka baja ringan dibuat sesuai dengan prosedur pada suatu bangunan, maka dapat bertahan hingga 50 tahun.

banneracai TANAH WAKAF

Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam pemakaian rangka baja ringan diantaranya adalah kesesuaian dengan kondisi tanah, mengetahui potensi gempa, serta kekuatan angin di sekitar lingkungan bangunan.
Wahyudi memaparkan beberapa indikator yang menjadikan rangka baja ringan tahan terhadap gempa dan kelebihan dari rangka baja ringan:

  1. Material ringan.
  2. Kokoh berdiri dalam sebuah desain dengan sistem yang terintegrasi.
  3. Bobot ringan dan mudah diangkat.
  4. Strukturnya cukup fleksibel, sehingga dapat bergerak menyesuaikan momen getaran ketika terjadi gempa.
  5. Tahan terhadap api, artinya bahwa rangka baja ringan tidak akan menularkan api jika terjadi kebakaran. (chy.rj)
Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: