Browse By

Ramuan Sederhana Pembersih Telinga

ilustrasi gambar membersihkan telinga

            Cerumen atau kotoran telinga merupakan bahan alami yang diproduksi tubuh agar melindungi dan melumasi telinga dari kotoran yang berasal dari luar telinga. Selain itu, cerumen menjadi bahan anti bakteri alami yang mencegah infeksi telinga bagian dalam. Kotoran telinga akan berbahaya jika tidak segera dibersihkan. Beberapa orang mencoba mengeluarkannya dengan besi pengorek telinga yang membuat kotoran semakin masuk ke dalam.

            Cobalah metode ini untuk mengeluarkan kotoran secara alami dan tidak menyakitkan telinga.

  • Air garam

Larutkan garam satu sendok teh ke dalam 1,5 gelas air hangat kemudian rendam kapas ke dalam air garam. Miringkan kepala ke satu sisi dan peras kapas sedikit demi sedikit dimasukkan ke dalam telinga. Tunggu selama tiga sampai lima menit. Kemudian miringkan kepala ke arah yang berlawanan sampai air garam keluar dari telinga. Jangan lupa bersihkan telinga dan kotorannya menggunakan kain bersih.

banneracai
  • Cuka dan Alkohol

Campurkan keduanya dengan perbandingan 1:1 kemudian kapas direndam ke dalamnya. Miringkan kepala ke sisi yang lain dan campuran cuka diteteskan sedikit demi sedikit ke dalam telinga. Tunggu selama tiga sampai lima menit. Miringkan kepala kea rah berlawanan agar cairan telinga keluar. Jangan lupa membersihkan telinga dengan hati-hati.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dihangatkan kemudian diteteskan ke dalam telinga menggunakan pipet. Tunggu sampai 10 menit agar kotoran telinga melunak. Miringkan kepala kemudian bersihkan kotoran.

Facebook Comments
%d bloggers like this: