Browse By

Perokok Pasif Pemicu Demensia

Sharing!

Ilustrasi Gambar Perokok Pasif

Perokok pasif ternyata lebih berbahaya daripada para perokok aktif. Perokok pasif dapat menyebabkan terjadinya demensia. Menurut studi terbaru di China, perokok pasif dapat mengakibatkan terjadinya demensia. Demensia bukanlah suatu penyakit tertentu, demensia adalah istilah yang menggambarkan hilangnya fungsi otak yang mengakibatkan hilangnya memori, kemampuan berbicara, dan perubahan tingkah laku seseorang. Hal tersebut biasanya dialami setelah menginjak usia 60 tahun ke atas.

Penelitian mengenai hal tersebut diteliti oleh para peneliti dari King College London dan Anhui Medical University, China, bersama dengan para peneliti lain di Inggris dan Amerika Serikat. Mereka melakukan survei berdasarkan kebiasaan para perokok aktif dan pasif, serta gejala demensia yang terjadi pada 5.921 orang yang berusia 60 tahun ke atas. Hasil survei menunjukkan bahwa 10% penderita sindrom demensia parah dialami oleh para perokok pasif.

Menurut Dr Ruoling Chen, peneliti asal King College London dan Anhui Medical University, China, sebagaimana dilansir MedicalDaily, “Peningkatan risiko demensia yang menyerang perokok pasif sama halnya dengan serangan risiko penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, harus dilakukan tindakan lebih lanjut agar penderita demensia tidak bertambah di seluruh dunia.”, jumat 11 Januari 2013.

banneracai TANAH WAKAF

Asap rokok mengandung lebih dari 50 zat racun yang dapat memicu terjadinya kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan. Selain itu pula, perokok pasif dapat menyebabkan kanker paru-paru, kanker sinus pada hidung, infeksi saluran pernapasan, serangan jantung, dan demensia.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: