Browse By

Penyebab Mengantuk Setelah Makan

Sharing!

Ilustrasi ngantuk

Ilustrasi ngantuk

Sebagian besar orang sulit terlihat fokus ketika belajar ataupun bekerja setelah makan siang. Siang hari menjadi waktu untuk istirahat di tengah kesibukan harian yang dijalani. Makan siang yang mengandung glukosa tinggi membuat pankreas memproduksi insulin yang akan mengantarkan gula dialirkan dalam peredaran darah ke sel-sel tubuh.

Peningkatan kadar insulin akan memicu gerakan dari triptofan dan asam amino esensial di otak. Zat ini tidak dapat dibuat di dalam tubuh dan hanya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Ketika asam amino esensial ada di otak akan memproduksi serotonin dimana 90 persen serotonin berada di dalam perut untuk mengatur pergerakan usus dan sisanya 10 persen berada di otak. Serotonin berfungsi untuk mengontrol suasana hati dan rasa kantuk serta dihubungkan dengan depresi dan perasaan intim.

banneracai TANAH WAKAF

Peningkatan serotonin disimulasikan setelah konsumsi makanan manis sehingga menyebabkan rasa kantuk, meskipun faktor yang lain dapat menimbulkan rasa kantuk setelah makan. Makanan dengan porsi yang besar membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna sehingga darah dari daerah tubuh yang lain akan dialihkan untuk pencernaan. Apabila mengalami dehidrasi setelah atau ketika makan maka makin memperburuk rasa lelah.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: