Browse By

Pemberdayaan Perempuan dalam Pembangunan Rumah

Sharing!

Ilustrasi kredit Properti

Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dengan menpera Djan Faridz bekerja sama dengan Himpunan Wanita Karya (HWK) dengan ketua umum Maryamah Nugraha Besoes menandatangani kesepakatan perencanaan pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kemenkera akan membantu perempuan khususnya ibu-ibu dalam mengatasi permasalahan pembangunan rumah misalnya dalam hal kredit bank untuk rumah, pembelian tanah, membuat jalan perumahan, fasilitas air dan lain sebagainya.

Penandatanganan kesepakatan ini diharapkan mampu memberdayakan perempuan dalam usaha makro dan mikro khususnya anggota Himpunan Wanita Karya (HWK) dalam hal perumahan.

Maryamah selaku ketua umum HWK menjelaskan dalam rangka pelaksanaan program ini telah disiapkan data dan juga lahan di tiga propinsi yaitu Gorontalo, Blora, dan DKI Jakarta dengan jumlah 500 rumah dengan MBR. Data tersebut akan diserahkan paling lambat pada bulan maret pada Deputi Bidang Perumahan Swadaya.

Maryamah menjelaskan melalui program ini perempuan diharapkan mampu lebih berdaya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan atau berpenghasilan rendah, untuk itu DPP HWK dalam pelaksanaannya menunjuk salah satu DPP yaitu ibu Hana Fadel sebagai coordinator program.

Tujuan bersama dari kesepakatan ini adalah meningkatnya kesejahteraan atau terpenuhinya kebutuhan akan rumah anggota Himpunan Wanita Karya (HWK) dengan harga dan biaya yang terjangkau. Cakupan program ini adalah peningkatan kelayakan rumah, fasilitas rumah, serta dukungan likuiditas pembiayaan perumahan atau FLPP melalui kredit yang sesuai dengan peraturan yang ada di Kemenpera.

banneracai

Langkah selanjutnya adalah penyediaan sarana dan prasarana serta utilitas (PSU) umum, fasilitas sebelum dan sesudah sertifikasi tanah pemberdayaan anggota HWK, pengunaan dana Corporate Social Responsibility (CSR), dan juga program kemitraan dan bina lingkungan/ PKBL, serta Badan Amil Zakat Infaq Dan Shodaqoh atau BAZIS, peningkatan pendapatan umum pengusaha tingkat menengah dan mikro, terakhir penyediaan rumah susun, rumah murah, dan juga rumah pembangunan swadaya.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: