Browse By

Orangutan Liar Masuk Lingkungan Masyarakat

Sharing!

ilustrasi Orangutan Liar (foto:lensaindonesia)

Awal Juni 2012 lalu, telah ditemukan Orangutan betina di areal pemukiman Batu Ampar oleh warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Sudah lebih dari 7 bulan sejak Orangutan itu ditemukan, namun status kepemilikan orangutan jinak ini masih belum ada yang mengakui.

Danang Anggoro selaku Kepala Seksi Konservasi di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA ) Wilayah III Kaltim, Senin, 14 Januari 2013, mengatakan bahwa tipis harapan akan ditemui pemilik dari Orangutan ini karena takut terhadap ancaman pidananya. Padahal sudah diberi himbauan berkali-kali kepada seluruh warga untuk mengakui kepemilikan Orangutan ini.

Seorang warga yang menemukan Orangutan ini pada 6 Juni 2012, yaitu Sugiyanto yang sekaligus sebagai Ketua RT 64, Kelurahan Batu Ampar, menyatakan bahwa hewan itu sangat jinak saat didekati. Bahkan Orangutan yang kira-kira berumur 2 tahunan ini juga menurut saat dikenakan pakaian. Jika Orangutan liar sudah tentu akan bereaksi ketika disentuh.

Sugiyanto kemudian menyerahkan orangutan tersebut dalam kondisi sehat, dan tidak terlihat bekas penganiayaan ke kantor BKSDA Wilayah III, di Sepinggan, Balikpapan.

banneracai

Kemudian pada akhir September 2012, orangutan itu dipindahkan di Lembaga Konservasi Gunung Bayan Lestari, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: