Motor Niaga Tiga Roda Bermesin Diesel Pertama di Indonesia

Sepeda Motor Diesel gajah 500D (foto:merdeka)
Sepeda Motor Diesel gajah 500D (foto:merdeka)

Untuk pertama kalinya hadir di Indonesia, Motor niaga mesin diesel yang diberi nama Gajah 500D bermesin diesel ini adalah hasil kreasi dari pabrikan sepeda motor APPKTM. Pemegang merek tunggal APPKTM di Indonesia yaitu PT Asean Motor International (AMI). Target pemasaran yang dibidik AMI adalah industri perkebunan di Indonesia.

Redy Sun, selaku GM Marketing PT Asean Motor International, meyatakan bahwa yang akan menjadi target pemasaran dari produknya seperti industri perkebunan palawija, kelapa sawit, dan tebu. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk merambah pada industri pengangkutan bahan baku ke gudang. Pernyataan tersebut disampaikan saat gelaran Pekan Raya Jakarta 2013, Kamis, 13 Juni 2013.

Dirinya juga menyampaikan bahwa motor tiga roda Gajah 500D ini sangat cocok sebagai pengganti forkflit yang bahan bakarnya cukup boros.

Sebagai informasi, bahwa mesin yang digunakan Motor niaga mesin diesel Gajah 500D ini berkapasitas 460 cc, tipe WY188FD dengan sistem Injeksi. Gajah 500D juga mengadopsi teknologi High Efficiency Engine (HEE) untuk menghemat konsumsi bahan bakar dan dapat menjaga mesin agar tidak mudah panas. Mesin tersebut memiliki torsi maksimum 2.600 rpm.

Selain dilengkapi dengan mesin berteknologi tinggi, Gajah 500D juga menerapkan sistem Mini Vehicle Full Floating Rear Axle (MVF-F) pada gardan sebagai penggeraknya sehingga mampu menahan beban dalam jumlah besar. Untuk sisi keamanan, motor niaga ini dilengkapi dengan sistem pengereman yang akurat.

Motor niaga APPKTM Gajah 500D dipasarkan dengan harga Rp 30,5 juta untuk OTR Jakarta. Dengan tiga warna pilihan yaitu hijau, hitam dan Merah, motor ini dihadirkan ke pasar Tanah Air. (chy)

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.