Browse By

Menu Hidangan Ramadan dari Penjuru Dunia

Sharing!

Aneka menu hidangan Berbuka Puasa

Aneka menu hidangan Berbuka Puasa

Banyak menu hidangan yang tersedia untuk menu ramadan. Anda harus lebih paham, bahwa makna puasa sendiri yaitu untuk menikmati berbagai hidangan Ramadan dengan lebih mendalam. Struktur puasa sebenarnya sangat sederhana sekali, dimana kita telah mendapatkan menu makanan dengan dua waktu yang utama. Pertama, saat sahur Anda bisa bersama-sama keluarga menikmati sahur. Dan kedua saat berbuka puasa, mungkin Anda akan menikmati hidangan bersama teman di luar.

Makanan yang memenuhi pedoman Islam, tentunya sangat dijaga sekali pada bulan Ramadan seperti sekarang. Bahkan dalam makanan untuk tiap Negara sangat berbeda dalam penyajiannya, dan semua tergantung dengan budaya Negara masing. Contohnya, Orang muslim di Negara Maroko sudah terbiasa dengan makan sup miju-miju, di India sudah terbiasa dengan makanan karinya, bahkan di Indonesia sendiripun sudah terbiasa dengan makanan kolak dan buah-buahan sebagai penutupnya.

Meskipun tiap Negara memiliki perbedaan dalam kebiasaan penyajian di bulan puasa, namun bila berbuka dengan buah kurma merupakan hal yang dianjurkan bagi umat muslim. Sebab, makan kurma ketika bebuka merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW sehingga banyak manfaat yang diperoleh, seperti mengembalikan gula darah Anda dalam sehari.

Menurut Yvonne Maffei, seorang penulis makanan dan pengembang resep mengatakan, bahwa “Diamanapun Anda berbuka, alangkah baiknya jika berbuka dengan buah kurma terlebih dahulu “. Karena menurutnya cara ini jauh lebih baik.

Biasanya banyak orang berbuka puasa dengan menyantap hidangan yang berat terlebih dahulu, misalnya menu makanan yang berbahan daging. Baiknya, jika Anda akan berbuka, makanlah makanan pembuka terlebih dahulu. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Pakistan, berbuka puasa selalu mengkonsumsi samosa, atau masyarakat China yang selalu mengkonsumsi sup terlebih dahulu.

Namun untuk menunjukkan cara yang luar biasa untuk tampil ramah dihadapan tamu-tamu, baiknya Anda ketika berbuka selalu melewati menu makanan yang sudah tersaji dengan berbahan daging. Begitu pula dengan masyarakat muslim yang berada di Amerika Utara, umat muslim selalu punya cara sendiri dengan sesuai adapt dan tradisi yang mereka punya, seperti mereka lebih memiliki pilihan makanan yang lebih luas. Selain itu, dengan adanya anak-anak yang adatang dari berbagai Negara Muslim dan dengan status imigranpun memiliki profil yang berbeda. Misalnya dengan variasi makanan, sangat tidak diperbolehkan jika mengkonsumsi makana yang mengandung daging babi, ataupun minuman yang mengandung alcohol serta wine yang terdapat di dalam saus sehingga yang dapat menggantikannya yaitu daging sapi.

banneracai TANAH WAKAF

Berikut beberapa hidangan Ramadan yang berasal dari seluruh dunia:

  • makanan yang berasal dari Pakistan misalnya, samosa, nasi domba, ayam, atau kambing.
  • makanan yang berasal dari Maroko misalnya, sup miju-miju, telur gulung.
  • makanan yang berasal dari Senegal misalnya, domba rebus.
  • makanan yang berasal dari Somalia misalnya, curry puff dengan isi daging dan sayuran.
  • makanan yang berasal dari Ethiopia misalnya, doro wat seperti sup ayam.
  • makanan yang berasal dari Indonesia yaitu ketupat.
  • makanan yang berasal dari India misalnya, haleem, bubur daging, gandum dan lentil, biryani, hidangan berbasis nasi dengan campuran rempah-rempah, daging sapi, ikan, telur ayam, atau sayuran. Makanan ini juga sudah menjadi makanan khas Pakistan sehingga tak heran banyak orang yang tahu. (chy.mt)
Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: