Masyarakat Papua akan mendapat rumah gratis

900 Rumah Gratis Untuk Masyarakat papua (Foto:wartaekonomi)
900 Rumah Gratis Untuk Masyarakat papua (Foto:wartaekonomi)

Di wilayah Papua, Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan membangun rumah gratis sebanyak 900 unit yang akan diberikan cuma-cuma bagi masyarakat Papua, Indonesia Timur.

Seorang Deputi Perumahan Formal dari Kemenpera, Pangihutan Marpaung menjelaskan fihaknya akan membangun 900 unit rumah bagi masyarakat Papua yang tersebar mulai dari Jayawijaya, wilayah Suku Asmat, yang diperkirakan mulai dari wilayah rendah hingga pegununggan.

Kerja sama ini akan berlangsung dan berakhir pada tahun ini antara fihak Kemenpera dan Pemda setempat. Pembangunan rumah ini akan diberikan gratis karena tanahnya milik Pemda dan rumahnya dari Kemenpera.

Terkait dengan permasalahan tanah akan diselesaikan oleh fihak Pemda setempat, hal ini dikarenakan tanah yang akan dibangun merupakan milik adat setempat.

Lanjutnya dia menjelaskan permaslaahan yang biasa terjadi adalah terkait dengan tanah adat yang akan dibangun, sehingga fihaknya berharap agar pembangunan ini terealisasi dengan baik dan lancar, hingga saat ini masih dilakukan proses inventarisasi. Selanjutnya bulan depan akan dirancang desainnya dan pelelangan.(chy)

Tinggalkan Balasan