Browse By

Manfaat Minum Kopi, Guna Mencegah Kanker Payudara

Sharing!

Secangkir Kopi (Photo:viva)

Secangkir Kopi (Photo:viva)

Manfaat minum kopi yang akan kita bahas kali ini pastinya akan membuat anda Heran dan meluruskan apa yang selama ini anda percaya, kesempatan kali ini kita akan membahas manfaatnya untuk wanita. Selama ini, mungkin bahaya dengan meminum kopi sering sekali anda dengar . Hal ini Membuat banyak orang yang berusaha untuk menghindari minum kopi. Tidaklah heran jika akhirnya banyak wanita memilih untuk tidak minum kopi secara rutin. Mungkin Dahulu Dimana informasi susah didapat, kopi bisa dianggap salah satu faktor yang bisa merubah status benjolan yang ada di payudara menjadi sebuah penyakit kanker. Namun yang perlu anda ketahui hal tersebut ternyata dibantah oleh sebuah penelitian, yang telah dilakukan di Swedia.

Peneliti yang dilakukan oleh Karolinska Institute, Swedia dalam sebuah acara Jurnal Cancer Reseach, mengemukakan suatu hal yang beda tentang kopi didapat bahwa dari penelitian yang telah mereka lakukan, terbukti manfaat minum kopi sangat baik untuk menjaga para wanita dari ganasnya kanker payudara.

Lima Gelas Sehari minum kopi Untuk Penurunan Risiko Kanker Payudara 57%

Diambil sampel Sebanyak 600 wanita yang ada di Swedia, dijadikan untuk objek dari penelitian yang digunakan guna membuktikan manfaat dari minum kopi dalam hubungannya dengan penyakit kanker payudara. Hasil yang diperoleh adalah, dari para responden yang ternyata rajin minum kopi sebanyak 5 gelas sehari, memiliki peluang lebih besar untuk menurunkan risiko akan adanya kanker payudara hingga sebesar 57%. Penelitian ini juga telah dibandingkan dengan para wanita yang ternyata hanya meminum kopi sakali sehari, dimana penurunan resiko tidak sebanyak itu.

Penurunan estrogen, hal itulah yang dikatakan sebagai penyebab mengapa hal ini bisa terjadi. Salah satu manfaat dari minum kopi adalah turunnya kadar estrogen pada seseorang. Estrogen sendiri adalah hormon yang cukup berpengaruh pada pengembangan penyakit kanker payudara.

Manfaat Meminum Kopi Untuk Mencegah Kekambuhan pada Kanker Payudara

Selain dari pada itu, seorang wanita yang telah didiagnosi kanker payudara, dan juga telah menjalani terapi, mereka bisa memetik manfaat dari meminum kopi, yaitu untuk mencegah kekambuhan kanker. Namun Penelitian ini masih dilakukan diSwedia.

Dalam penelitian yang dilakukan tersebut, para peneliti mengatakan bahwa kopi bisa meningkatkan efek dari obat tamoksifen, yang biasanya digunakan oleh para penderita kanker. Tamoksifen itu sendiri merupakan obat yang bekeja sebagai anti estrogen, yang dapat membantu supaya pertumbuhan pada sel kanker bisa ditekan.

Namun, peneliti ini belum memparkan secara lebih jelas bagaimanakah mekanisme kopi untuk membantu dalam meningkatkan kinerja Tamoksifen. Hanya saja, dari penelitian yang dilakukan terhadap tiga ratus wanita yang mengkonsumsi Tamoksifen, dan minum kopi 2 gelas sehari, ternyata lebih berkhasiat dalam mencegah terjadinya kekambuhan kanker.

Berapa Cangkirkah Minum Kopi yang Aman dalam Sehari?

Banyak dari para dokter ataupun ahli gizi yang mungkin saja akan kesulitan dalam menerangkan ini. Terlebih karena adanya paradigma yang sudah tertanam mengenai kopi yang selalu saja dikaitkan dengan penyakit. Sehingga, jika saja seseorang menanyakan manfaat meminum kopi, hampir banyak yang pada akhirnya mengatakan hal-hal yang negatif.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University pernah menyimpulakn bahwa enam cangkir kopi sehari masihlah dianggap aman. Akan tetapi, dalam secangkir kopi sebaiknya pilih yang memiliki kadar kafein 100mg saja. Walaupun demikian, dalam penelitian yang telah dilakukan ini tetap saja disebutkan bahwa pengaruh kopi kadang berbeda pada setiap individu.

Jika saja Anda yang suka mengkonsumsi kopi lalu kemudian merasakan pada tubuh gemetar dan juga jantung yang berdetak kencang, serta ditambah dengan adanya halusinasi dan sulit untuk tidur, mungkin saja itu merupakan efek dari kelebihan kafein. Kalaulah hal ini ternyata terjadi pada anda, mungkin perlu untuk mengurangi jumlah cangkir kopi yang Anda minum setiap hari.

banneracai TANAH WAKAF

Namun Bagaimanapun juga, manfaat dari minum kopi ini akan hilang, jika saja ternyata Anda meminumnya bersamaan dengan menghisap rokok, meminum alkohol ataupun untuk teman bergadang secara terus menerus. Oleh Karena itu, konsumsilah kopi disertai menjaga gaya hidup sehat.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: