Lagi Belajar Bikin Roti? Perhatikan Ini

Roti (Foto: Yan)
Roti (Foto: Yan)

Biasanya orang lebih memilih membeli roti di toko roti langsung untuk menikmati. Namun, Anda juga dapat membuat roti sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Dalam membuat roti tentu Anda perlu memperhatikan beberapa hal sehingga dapat menghasilkan roti dengan sempurna. Berikut beberapa hal yang perlu anda tahu :

1. Suhu Panggang
Hal yang utama yang perlu Anda perhatikan yaitu, suhu panas panggangan. Ini bertujuan agar dalam pembentukan ragi lebih sempurna dan bakteri yang ada akan mati. Dalam menggunakan suhu temperatur kecil, secara natural roti difermentasi akan menentukan dalam fermentasi tahap selanjutnya.

2. Aroma
Dalam membuat roti, tentu Anda akan mengalami beberapa tahapan dalam proses fermentasi. Dan dimana, dalam proses fermentasi roti masih banyak mengandung ragi dan bakteri. Adonan yang sempurna, dapat diketahui dengan penyatuan proses dengan beberapa tahapan sehingga roti dapat terbentuk dengan sempurna dan memiliki aroma yang khas.

3. Kesabaran
Banyak cara dan tahapan dalam proses pembuatan roti. Sehingga, Anda disarankan untuk lebih sabar dalam membuat roti, sebab dalam proses pembuatan roti tidak dapat terjadi secara langsung.

4. Kenali Adonan
Suhu lingkungan juga dapat mempengaruhi dalam pembentukan roti. Dalam memanggang roti, Anda disarankan tidak hanya memanggang saja. Namun, Anda juga perlu memfermentasikan adonan.

Roti yang sempurna, dapat dilihat dari tekstur yang dimiliki. Seperti, tekstur yang lembut, lembab, serta berkerak. Sebaiknya, gunakan suhu tinggi saat awal memanggang dan gunakan suhu kecil saat adonan berubah menjadi karamelisasi.(chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.