Browse By

Kriteria Pengembang Rumah Sederhana yang Bisa Meraih Penghargaan

Sharing!

Ilustrasi Perumahan Sederhana (Image:Kompasiana)

Ilustrasi Perumahan Sederhana (Image:Kompasiana)

Akan ada sebuah penghargaan bagi para pengembang perumahan yang membangun RST (rumah sejahtera tapak) untuk masyarakat Indonesia yang berpenghasilan rendah. Penghargaan tersebut yaitu Adiupaya Puritama yang diberikan langsung oleh Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat). Penghargaan ini diberikan setiap tahunnya oleh Kemenpera.

Adapun beberapa kriteria yang dibutuhkan untuk meraih penghargaan Kemenpera kali ini, antara lain tahun pembangunan sejak tahun 2010 sampai tahun 2013, jumlah bangunan Rumah sederhana yang didirikan minimal 200 unit, tingkat hunian minimal 85% dari keseluruhan rumah yang dibangun, KPR melalui sistem FLPP minimal 20%, lokasi perumahan berada di kota atau kabupaten di 33 provinsi di Indonesia, serta belum pernah menerima penghargaan sejenis sebelumnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Kemenpera, Rabu, 31 Juli 2013, Sukowiyono, selaku Kepala Bidang Pengkajian Perumahan Formal sekaligus ketua panitia, mengatakan bahwa panitia melalui tim verifikasi sudah melakukan penilaian terhadap dokumen administrasi. Selain itu juga telah dilakukan verifikasi lapangan. Penilaian oleh tim verifikasi tersebut dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Dari penilaian tersebut, diperoleh beberapa lokasi perumahan yang masuk dalam nominasi 3 besar pada masing-masing kategori.

Nominator kategori Pulau Jawa adalah:

  1. PT. Kiranasurya Perkasa, selaku developer Perumahan Kirana Cibitung di Kabupaten Bekasi-Jawa Barat.
  2. PT. Puncak Mahameru, selaku developer Perumahan Graha Arradea di Kabupaten Bogor-Jawa Barat.
  3. PT. Dwiwahana Delta Megah, selaku developer Perumahan Puri Delta Asri 5 di Semarang-Jawa Tengah.

Sedangkan nominator untuk kategoriluar Pulau Jawa adalah:

banneracai TANAH WAKAF
  1. PT. Trisandi Putra Pratama, selaku developer Perumahan Biliton Regency di Tanjung Pandan Belitung-Bangka Belitung.
  2. PT. Sabak Jaya Bersama, selaku developer Perumahan Edelwis di Kota Jambi-Provinsi Jambi.
  3. PT. Mitra Sari, selaku developer Perumahan Villa Mutiara di Makasar-Sulawesi Selatan.

Sukowiyono juga menjelaskan bahwa para pemenang dari tiap kategori peraih juara 1, 2, dan 3 akan diundang pada acara puncak yaitu saat peringatan Hapernas 2013. Dalam acara tersebut, para pengembang akan menerima penghargaan Adiupaya Puritama dari Kemenpera.(chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: