Browse By

Kios Pedagang Kecil Dibongkar, Mini Market Tetap “Aman” di Stasiun

Sharing!

Ketidakadilan sangat terlihat saat menyaksikan aksi penertiban para pedagang di beberapa stasiun kereta api. Bagaimana tidak, minimarket semakin banyak di dalam area stasiun sedangkan Kios Pedagang kaki lima digusur.

Salah satu peristiwa seperti ini dapat dijumpai di stasiun Pondok Cina, Depok. Menanggapi hal tersebut, Anisa Noviandini selaku Humas Front Aksi Mahasiswa (FAM) UI mengatakan bahwa beroperasinya kembali mini market di stasiun karena menguntungkan para pejabat. Kemarin mini market tutup hanya karena takut menjadi sasaran massa.

“Bagaimana tidak buka lagi kalau mini market menguntungkan untuk para pejabat dibandingkan dengan pedagang kecil. Kemarin tutup mungkin karena takut menjadi sasaran massa, sekarang situasi sudah membaik jadi buka lagi,” ungkapnya sperti dilansir oleh Okezone, Selasa, 14 Januari 2013.

Aksi Demo Pedagang Kecil (Foto:indopos)

Aksi Demo Pedagang Kecil (Foto:indopos)

Anisa juga menambahkan jika hal itu tidak adil bagi pedagang kecil. Dirinya mencontohkan masih banyak mini market di setiap stasiun. “Jelas tidak adil, di stasiun manapun mini market masih berdiri tegak, kalaupun mengingat PT KAI ingin meningkatkan kenyamanan, seharusnya dibuat tempat yang dirasa nyaman dan tertata untuk para pedagang kios”.

Anisa menegaskan bahwa tuntutan mereka adalah merelokasi para pedagang. Akan tetapi, Mateta Rizalulhaq selaku Humas PT KAI Daops I mengatakan bahwa mereka menolak untuk merelokasi para pedagang.

banneracai TANAH WAKAF

“Kami tidak mampu untuk merelokasi, karena dalam perjanjian disebutkan bahwa kami berhak mendapatkan tanah kami tanpa syarat, bukannya sudah ada instansi lebih tinggi, ada Departemen Sosial juga, kami masih berbaik hati mau mengembalikan uang sewa para pedagang,” tegasnya. (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: