Browse By

Ketua Fraksi Demokrat Yogyakarta Belum Diperiksa Polisi

Sharing!

Putut Wiryawan (Foto:dprd-diy)

Ketua Fraksi Demokrat DPRD DIY, Putut Wiryawan belum diperiksa pihak Jajaran Satlantas Polres Bantul, DIY. Alasannya, untuk memeriksa anggota dewan dibutuhkan surat izin dari Menteri Dalam Negeri.

Menurut Kasat Lantas Polres Bantul, AKP X. Setyo, Bahwa pihaknya terbentur dengan peraturan. Untuk memeriksa anggota dewan yang masih aktif harus memiliki surat izin dari Mendagri. Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa status Putut dalam kecelakaan akibat menabrak becak yang ditumpangi Endang Maryani, pegiat antikorupsi, baru sebatas terlapor.

Artinya, dari waktu terjadi kecelakan, 30 April 2012, hingga pertengahan Januari ini belum ditetapkan sebagai tersangka karena belum ada pemeriksaan. Syarat menetapkan seseorang sebagai tersangka mengakibatkan polisi harus melakukan pemeriksaan terhadap orang tersebut.

Selain itu, dibutuhkan minimal dua alat bukti. Beliau menampik tudingan mengulur-ulur waktu kasus kecelakaan tersebut. Pasalnya, upaya mediasi agar diselesaikan secara kekeluargaan sudah ditempuh, tetapi gagal.

Sementara saksi-saksi dan pelapor, Endang, sudah diperiksa. Polisi sudah melayangkan surat izin pemeriksaan ke Mendagri, dengan Nomor Surat B/42/I/2013/Res Bantul, tertanggal 4 Januari 2013. Seperti yang diketahui, mobil minibus hitam, bernomor polisi AB 1844 FZ, yang dikemudikan Putut menabrak becak yang ditumpangi Endang. Korban menderita luka.

Setelah itu, Endang didampingi berbagai LSM di DIY, melakukan delik aduan ke Polres Bantul dengan mendapatkan bukti Laporan Polisi: LP/457/IV/2012/LL tertanggal 30 April 2012.

banneracai TANAH WAKAF

Menurut Sarli Zuhendra, selaku Kuasa Hukum Endang Beliau akan mengawal kasus ini hingga selesai. Berharap semoga dalam satu bulan sejak polisi melayangkan surat ke Mendagri sudah mendapat balasan dan proses hukum berjalan hingga mendapatkan keputusan tetap. (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: