Browse By

Kerja Shift saat Malam akan Merusak 1.500 Gen

Sharing!

Kerja Shift Malam (foto:kompas)

Kerja Shift Malam (foto:kompas)

Orang yang memiliki waktu kerja ketika shift malam lebih rentan terhadap penyakit. Ini dikarenakan tidak teraturnya pola istirahat atau tidur yang mengakibatkan kinerja sistem dalam tubuh terganggu. Efeknya juga mempengaruhi kerja gen, yang dikisarkan sekitar 1.500 gen rusak. Beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyerang para pekerja shift malam adalah kanker, jantung dan penyakit gula.

Dari hasil penelitian orang-orang dengan shift malam dan sangat minim terkena sinar matahari menunjukan adanya perubahan jumlah gen yang mengalami penurunan hingga enam kali lipat. Karena shift malam ini berpengaruh pada pola tidur mereka yang terlambat kurang lebih empat jam dari periode biasanya. Peneliti telah memastikan hal ini berdasarkan dari 22 partisipan yang mempunyai jam kerja 28 jam tanpa terkena sinar matahari dan berumur rata-rata 20-an tahun dengan percobaan terkontrol. Bahkan dari sampel darah juga menunjukkan adanya penurunan jumlah gen yang memperlihatkan ritme kikardian hingga enam kali lipat.

banneracai TANAH WAKAF

Profesor Derk-Jan Dijk menerangkan jika telah menemukan 6% gen yang memiliki ritme kikardian, berarti aktivitas mereka akan lebih tinggi di jam-jam tertentu. Gen yang bekerja di siang hari memiliki fungsi kekebalan tubuh dan ada juga yang bekerja di malam hari untuk mengatur gen yang lain. Jika pola tidur dan pola makan terganggu maka orang itu bisa mengubah proses molekuler mendasar dalam tubuh yang membuat ritme gen terganggu. Bahkan 1400-an gen akan rentan ikut berubah jika pola tidur juga berubah. 97% gen yang beritme kikardian akan berantakan karena jam tidur yang tidak teratur dan itulah alasan mengapa badan terasa tidak enak.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: