Browse By

Kementerian PU Rogoh Rp 62 Miliar Untuk Membangun Rusun Pegawai

Gedung Kementerian PU

Untuk membangun rumah susun (rusun) di Rempoa, Kementerian PU telah menyiapkan dana sebesar Rp 62 Miliar. Tujuan utama pembangunan rusun tersebut adalah untuk pegawai PU. Tetapi bukan berarti pegawai PU akan mendapatkan rusun cuma-cuma, mereka akan dikenakan tarif sewa, namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Achmad Hermanto Dardak selaku Wakil Menteri PU, pada hari Selasa, 15 Januari 2013, mengungkapkan bahwa dana yang telah disiapkan untuk pembangunan rusun tersebut senilai Rp 62,6 miliar.

Ada 2 tipe rusun yang akan dibangun, yaitu tipe pertama adalah yang berukuran 24 m2 yang ditujukan untuk pegawai yang belum menikah, sedangkan tipe yang satunya adalah tipe 36 m2, tipe ini diperuntukkan bagi pegawai yang sudah menikah. Tetapi sampai saat ini, Achmad belum bisa merincikan besarnya dana sewa yang akan dibayar oleh satu pegawai yang menempati rusun.

Selanjutnya dia menjelaskan bahwa tarif sewa rusun tersebut perlu dimusyawarahkan lagi karena sampai saat ini belum ada ketentuan pasti tentang harga sewa rusun.

Dengann dibangunnya rusun yang ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2013 tersebut, pemerintah PU berharap jika ekonomi pegawai akan terbantu dengan tarif sewa yang relatif murah, dan kinerja pegawai juga akan meningkat mengingat jarak rusun ke kantor yang tidak jauh.

Djan Faridz selaku Menteri PU juga menegaskan bahwa jika pegawai PU sudah mapan, maka tidak boleh menyewa lagi di rusun dan harus membeli rumah sendiri, karena masa sewa rusun direncanakan bukan untuk waktu yang panjang.

banneracai

Rusun Rempoa merupakan proyek awal yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai. Karena sebenarnya, sampai saat ini jumlah unit yang ada belum memadai dibanding dengan jumlah pegawai yang banyak. Tetapi, jika terbukti kinerja pegawai akan meningkat, maka pemerintah PU akan membangun lebih banyak unit lagi untuk pegawai.

Kementerian PU berhasil membangun 240 twin blok rusun di seluruh Indonesia sampai saat ini, termasuk juga rusun untuk mahasiswa. Semua rusun yang dibangun diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah PU oleh pengelola. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: