Browse By

Kebutuhan Cairan untuk Balita

ilustrasi gambar balita

Tubuh manusia membutuhkan cairan yang cukup begitu juga dengan orang dewasa ataupun balita. Kecukupan cairan untuk balita sesuai dengan kebutuhan balita sendiri. Orang tua diharuskan mencukupi kebutuhan cairan anaknya. dr. Rachmad Wishnu Hidayat mengatakan jika kebutuhan cairan anak berdasarkan tabel khusus sesuai dengan berat badan anak. Hal terpenting untuk orang tua yaitu harus mencukupi kebutuhan cairan balita karena lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

banneracai

Ibu harus mencukupi kebutuhan cairan balita karena balita belum bisa mengungkapkan rasa hausnya. Orang tua harus memperhatikan hal tersebut dengan memberikan air minum secara berkala. Dianjurkan untuk memberikan air sesuai dengan kemampuan konsumsi balita. dr. Rachmad Wishnu Hidayat menambahkan jika kebutuhan air orang dewasa 60 sampai 70 persen sedangkan kebutuhan balita lebih banyak. Sehingga peranan orang tua sangat diperlukan agar balita terhindar dari dehidrasi.

Balita tidak boleh mengalami dehidrasi karena akan berbahaya. Cara mengetahui balita mengalami dehidrasi dengan melihat warna urine-nya. Warna urine kuning jernih artinya anak tidak mengalami dehidrasi, namun jika warna urine terang dan tidak jernih berarti anak sedang mengalami dehidrasi.

Facebook Comments
%d bloggers like this: