Browse By

Kapal Terdampar, Tumpahan Batu Bara Diambil Oleh Warga

Kapal batubara Terdampar

Tumpahan batu bara yang berasal dari kapal tongkang yang terdampar di kawasan pantai di daerah Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi berkah tersendiri bagi para warga sekitar daerah tersebut. Setiap hari puluhan warga berusaha meraup tumpahan baru bara di laut maupun di pinggir pantai tersebut.

Warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Mursih (75) menyampaikan bahwasannya setiap ada kapal terdampar di pantai desa, warga sudah siap mengambil tumpahan-tumpahan batu bara tersebut.

Masih menurut Mursih, tidaklah mudah sebenarnya untuk mendapatkan batubara tersebut, karena warga harus melawan kerasnya terjangan ombak akibat cuaca buruk yang terjadi sepekan terakhir ini.

Warga tidak kuat melawan ombak, seperti halnya Musrih, terpaksa mengais batubara yang ada di tepian pantai. Sudah pastinya, secara kualitas tidak sebaik batubara yang masih mengambang di laut. Pasalnya batubara yang telah berada di pantai sudah terkontaminasi dengan pasir. Selain hal itu juga, bongkahan yang masih berada di air laut lebih besar dibandingkan yang sudah mengapung ke pantai.

Mursih mengumpulkan batubara sedikit demi sedikit kemudian dia jual ke pengepul, dan setiap kilogramnya Mursih mendapatkan RP.300.

banneracai

“Saya mengumpulkan batubara, kemudian saya jual per kilogramnya Rp.300. sehari tidak mesti, namun biasanya saya berhasil mengumpulkan satu kuintal,” ucapnya, Selasa, 15 Januari 2013.

Hingga hari ini, ada beberapa kapal tongkang yang terdampar, termasuk sebuah kapal yang berasal dari Vietnam. Dan kapal-kapal tersebut belum juga dievakuasi dikarenakan oleh ombak yang masih sangat tinggi. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: