Kampus Khusus Perempuan di Arab Ialah Yang Terbesar Di Dunia

Akhirnya Arab Saudi melansir foto kampus khusus perempuan terbesar di dunia miliknya. Kampus tersebut bernama Princess Nora Bint Abdurahman University. Berdiri di atas lahan seluas 809 hektar, kampus yang berlokasi di Riyadh itu dapat menampung sebanyak 60 ribu mahasiswi.

Kampus Khusus Perempuan di Arab Saudi (Foto: Inhabitat)
Kampus Khusus Perempuan di Arab Saudi (Foto: Inhabitat)

Kampus khusus perempuan itu didesain dengan konsep arsitektur tradisional Arab berdesain kontemporer, dan merupakan bangunan berkelanjutan yang telah memiliki sertifikat bangunan hijau (LEED).

Princess Nora Bint Abdurahman University terdiri dari 8 college dengan 800 bangunan. Renovasi pada bangunan kampus ini baru dilakukan tahun 2009 yang lalu sejak berdiri pada tahun 1970 silam. Proses renovasi yang berlangsung selama 25 bulan tersebut dipimpin langsung oleh Perkins + Will dan juga Dar AL-Handasah serta melibatkan ratusan insinyur dan arsitek. Proses renovasi yang menghabiskan waktu lama itu menjadi rekor tersendiri di Arab Saudi.

Untuk efisiensi energi, tiap-tiap bangunan diposisikan dengan sangat hati-hati agar dapat memaksimalkan cahaya matahari. Tahun lalu kampus tersebut meluncurkan “pabrik” tenaga suryanya yang menjadi terbesar di seluruh dunia. Pada bangunan kampus dilengkapi dengan material logam, baja daur ulang, dan dinding tirai.

Lahan seluas 9 acre difungsikan sebagai tempat berdirinya sistem tenaga surya pada Kampus Khusus Perempuan tersebut. Tidak heran apabila dengan begitu universitas ini mengukuhkan namanya sebagai kampus paling berkelanjutan. Bahkan, 4 bangunan juga telah memperoleh sertifikasi LEED Gold. (chy.rj)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.