Browse By

Joko Widodo Dianggap Mengesampingkan Aspek Keselamatan

Sharing!

Gubernur Jokowi (foto:kompasiana)

Gubernur Jokowi (foto:kompasiana)

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dinilai mengabaikan aspek keselamatan karena menyetujui proyek pembangunan enam tol dalam kota oleh pengamat transportasi, Rudy Thehamihardja. Hal tersebut berkaitan dengan legalitas pengoperasian transjakarta di jalan tol itu.

Seperti dilansir dari Kompas, Senin, 14 Januari 2013, Rudy menyatakan bahwa dengan peruntukannya jalan tol sebagai jalan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi, sedangkan pada desain bus TransJakarta yang memiliki banyak tempat penumpang berdiri. Dengan begitu akan membahayakan penumpang. Sebagai permisalan jika bus melaju dengan kecepatan 80 km/jam dan tiba-tibe mengerem mendadak, bisa sangat berbahaya bagi seluruh penumpang di dalamnya.

Rudy menambahan bahwa jika ingin aman, maka desain bus disamakan dengan desain bus antarkota antarprovinsi (AKAP). Selain itu, desain tol yang minim gerbang tol, sehingga bisa dilalui dengan kecepatan tinggi.

Sebagai permisalan di Negara Eropa saja, tingkat kedispilinan dan teknik mengemudi disana tergolong tinggi, tempat duduk bus di Eropa juga dilengkapi dengan sabuk pengaman. Berbeda dengan Indonesia, faktanya praktik supir busway sering kali terlibat kecelakan meskipun bukan sebagai faktor pemicu utama kecelakaan.

Rudi juga menyatakan bahwa harus ada jalur steril yang dibangun untuk busway agar tidak terjebak kemacetan.

Menteri Pekerjaan Umum ditantang oleh Rudy untuk menyelesaikan permasalahan ini. Jalur TransJakarta juga harus dibuat khusus dalam enam ruas tol tersebut dan jangan sampai dipakai oleh kendaraan lain dimana panjang jalur busway dalam tol tersebut mencapai 70 km.

banneracai TANAH WAKAF

Setelah semua bisa diatasi, baru bicara mengenai perhitungan bisnisnya agar pengoperasian jalur busway dalam enam ruas tol tersebut bisa berkelanjutan. Sebagai contoh, Rudy memberikan permisalan bahwa di Amerika Serikat, di salah satu negara bagian terdapat penetapan satu jalur bus di ruas jalan bebas hambatan. (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: