Browse By

Jepang Temukan Teknologi Untuk Menghadapi Gempa

Sharing!

Bendera Kebangsaan Jepang

Bendera Kebangsaan Jepang

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang sering mengalami gempa bumi dan tsunami. Gempa bumi skala kecil yang relatif sering terjadi membuat masyarakat Jepang tidak lagi terkejut. Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya bencana gempa besar yang sering terjadi di Jepang sudah banyak memakan korban, berbagai antisipasi dengan inovasi teknologi pun sudah dilakukan.

Inovasi teknologi Jepang yang terbaru adalah bandul baja raksasa atau pemasangan pendulum di bagian atas gedung yang memiliki fungsi untuk menstabilkan getaran saat gempa terjadi. Inovasi teknologi ini telah dikembangkan oleh Mitsui Fudson Co dan kontraktor Kajima Corp sebagai perusahaan pengembang properti.

Sekitar ratusan perangkat kontrol getaran telah di pasang Jepang untuk menekan dan melawan efek getaran dari gempa yang berpotensi merusak atau merobohkan gedung. Sementara pada bagian atas gedung digantung pendulum baja raksasa yang siap bekerja saat gempa terjadi. Pendulum akan menerapkan gaya yang berlawan arah dalam keadaan bergetar yang disebut gerakan seismik periode panjang.

Peresmian proyek ini akan dilakukan di atas gedung Shinjuku Mitsui yang memiliki 55 lantai pada 2015. Biaya pembuatan proyek tersebut mencapai US$ 51 juta atau setara Rp524 miliar. Percobaan pertama proyek tersebut akan digunakan enam pendulum dengan berat masing-masing 300 ton.

Pada tahun 2011 gedung Shinjuku Mitsui mengalami getaran horisontal sekitar 2 meter saat terjadi gempa bumi berkekuatan 9,0 skala richter (SR) di Timur Laut Jepang. Sehingga pemasangan perangkat pendulum diharapkan dapat menyelamatkan banyak nyawa saat gempa terjadi.

banneracai TANAH WAKAF

Sistem ini juga dapat diterapkan pada bangunan tua. Jika sistem ini dapat berjalan dengan baik, maka akan menjadi kabar gembira untuk Jepang dan negara-negara lain yang mudah terkena gempa seperti Indonesia. Dengan begitu semua gedung tinggi dapat dipasang sistem pelindung supaya kerusakan akibat guncangan dahsyat dapat diminimalisir. (chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: