Inilah Posisi Tidur yang Dapat Mengatasi Gangguan Kesehatan

Ilustrasi Posisi Tidur Yang Tepat (foto:hatiorganik)
Ilustrasi Posisi Tidur Yang Tepat (foto:hatiorganik)

Tidak semua orang dapat langsung tidur nyenyak dengan posisi tidur tertentu. Sebagian harus mencoba posisi tidur tertentu agar tidur mereka menjadi nyaman apalagi bagi mereka yang memiliki gangguan tidur tertentu. Sangat penting untuk mengetahui posisi tidur agar menjaga kesehatan Anda. Dikutip dari Newsmax Health jika posisi tidur yang tepat dapat mengatasi gangguan kesehatan dan inilah posisi tidur yang dapar mengatasi masalah kesehatan:

1. Sleep apnea
Cobalah tidur dengan posisi miring/tengkurap jika memiliki gangguaan sleep apnea agar jalan pernapasan tetap terbuka. Berdasarkan studi terbaru di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston menemukan jika jeda napas 60% penderita sleep apnea akan naik 2 kali lipat apabila posisi tidur mereka telentang. Saat posisi tidur mereka telentang maka semua yang ada di dalam leher dan tenggorokan menjadi rileks sehingga lidah dapat meluncur ke tenggorokan dan terjadi gangguan aliran udara. Sehingga penderita sleep apnea tidak dianjurkan untuk tidur dengan posisi telentang.

2. Kebiasaan mendengkur
Orang yang memiliki kebiasaan mendengkur akan semakin bertambah parah jika tidur dengan posisi telentang. Penyebabnya karena semua yang ada di tenggorokan dan di leher menjadi rileks sehingga lidah dapat meluncur turun ke bawah dan mengakibatkan gangguan aliran udara yang akan memicu terjadinya dengkuran. Hindari posisi telentang dengan menggunakan trik unik seperti mengganjal kaos di bagian punggung sehingga Anda tidak akan bertumpu di punggung atau memakai guling yang dapat dipeluk saat Anda tidur.

3. Nyeri leher
Jangan tidur dengan posisi telungkup apabila leher sering nyeri karena akan membuat leher semakin menjadi tegang. Cobalah tidur dengan posisi telentang/miring karena posisi leher normal sehingga tidak membuat Anda sakit.

4. Nyeri bahu
Apabila menderita nyeri di bahu Anda sebaiknya hindari posisi tidur miring apalagi posisi miring yang bertumpu pada bagian bahu yang nyeri karena akan memperparah rasa sakit. Ryan S. Hays memberikan saran tersebut agar kualitas tidur Anda tidak rusak.

5. Sakit punggung
Bagi penderita nyeri punggung disarankan untuk tidur dengan posisi telentang dengan menggunakan bantal di bawah lutut dan posisi kaki harus sejajar agar tekanan di punggung dan pinggul dapat berkurang. Jason Coles mengatakan dengan begitu dapat mengurangi kebiasaan memutar/punggung akan berkurang karena dapat menyakiti tubuh. Anda tetap dapat tidur dengan posisi miring dan menempatkan bantal di antara lutut dan menekuknya sedikit sehingga mengurangi ketegangan&nyeri di tulang belakang/punggung.

6. Heartburn
Heartburn/maag kronis dapat bertambah buruk jika Anda tidur dengan posisi telentang. Solusinya dengan meninggikan kasur di bagian atas tubuh sehingga Anda dapat menaikkan bagian kepala ranjang/menambah beberapa bantal agar menopang tubuh bagian atas. Yang paling penting adalah memastikan jika posisi kepala lebih tinggi daripada kerongkongan, dada, dan perut sehingga asam lambung tidak akan naik sampai di kerongkongan. Dr. Coles mengatakan jika gravitasi membuat asam lambung tetap berada di bawah dan itu semua didukung dengan penemuan dari Universitas Wisconsin. Peneliti dari Universitas Wisconsin menemukan jika orang yang sakit heartburn tidur dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi 20 cm maka kerongkongan akan terkena asam lambung lebih sedikit saat tidur. Posisi tidur yang tinggi sperti itu akan membuat tidur lebih nyenyak dan membuat penyakit tidak semakin parah sehingga saat terbangun kondisi Anda lebih baik dan sehat. (chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.