Inilah Penyebab Keracunan Seafood

Seafood (foto:seafoodcruise)
Seafood (foto:seafoodcruise)

Akhir-akhir ini media sosial selalu menghebohkan masyarakat dengan kasus keracunana makanan yang berada di Jakarta, sebuah restoran seafood. Winnie Kusuma Wardhani seoarang Chef akan menjelaskan sedikit mengenai penyebab keracunan yang ditimbulkan oleh makanan.

Chef Winnie mengatakan bahwa banyak penyebab dari keracunan makanan, khususnya bagia makanan laut ataupun menu seafood. Tahukah Anda, jika menu seafood merupakan salah satu makanan yang mudah menyalurkan bakteri ataupun food poising sehingga Anda perlu melakukan beberapa proses yang benar. Berikut beberapa penyebab dari keracunan makanan yang perlu Anda ketahui.

1. Penanganan yang kurang baik
Semua jenis makanan yang akan masuk ke dalam tubuh manusia, tentu sangat membutuhkan penanganan yang sempurna seperti menu seafood. Menu yang satu ini dapat dikatakan cukup riskan sehingga saat proses pengolahan Anda disarankan untuk menjaga kebersihan. Misalnya, menjaga kebersihan tangan Anda saat menyentuh seafood, bahkan sehelai rambutpun sebaiknya jangan menyentuh bahan seafood. Karena, rambutpun dapat memberikan bakteri pada seafood, sehingga Anda perlu memperhatikan untuk penanganan lainnya.

2. Pertimbangkan proses dalam penyimpanan
Chef Winnie juga mengatakan, jika menu seafood sebaiknya tidak di campur dengan bahan makanan lainnya saat akan disimpan. Dengan begitu seafood tidak akan terkontaminasi dengan bahan makanan lain.

3. Faktor suhu
Jangan lupa untuk memperhatikan suhu saat akan menyimpan seafood agar terjaga keamanannya. Chef Winnie juga mengatakan, sebaiknya Anda tidak mudah terkoceh dengan bahan makanan lain saat menyimpan seafood. Perlu Anda tahu, bahwa kepiting hidup juga dapat dengan mudah terkontaminasi dengan bahan makanan lain.

Oleh sebab itu, saat membeli seafood ada baiknya perhatikan dengan baik agar tidak tertipu oleh pedagang yang nakal. Seafood yang tidak segar juga merupakan salah satu penyebab keracunan makanan.

4. Individu itu sendiri
Tidak dipungkiri, bahwa setiap manusia memiliki metabolisme yang berbeda-beda. Sehingga saat Anda makan dalam keadaan sehat maupun kurang sehat dapat menjadi factor penyebab keracunan makanan.

Sebagai penutup, Chef Winnie berkata bahwa factor ini sifatnya masih sangat kecil. Karena, tidak setiap individu dapat mengetahui kondisi dan keadaan tubuh seseorang saat sedang mengkonsumsi makanan. (chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.