Browse By

Hati-hati Saat Bersihkan Bunga Es di Freezer

Sharing!

Adanya bunga es di ruang freezer pada kulkas dapat mengurangi kapasitas penyimpanan. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan bunga es tersebut secara berkala. Tetapi, dalam membersihkannya tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan kulkas menjadi banjir.

bunga es di freezer (Foto:nasta69)

bunga es di freezer (Foto:nasta69)

Sebenarnya untuk membersihkan bunga es di freezer ini tidak sulit. Bahkan tidak perlu sampai harus mematikan arus listrik kulkas, karena saat ini sudah banyak jenis kulkas di pasaran yang dilengkapi dengan fitur “defrost” yang berfungsi untuk menghilangkan bunga es tersebut. Cukup dengan menekan tombol “defrost” yang tersedia, maka dalam waktu yang tidak begitu lama bunga es tersebut akan lenyap secara perlahan.

Meskipun cara menghilangkan bunga es di freezer itu mudah, tetapi harus tetap diperhatikan juga dalam prosesnya. Bunga es tersebut jika di-defrost maka akan berubah menjadi air. Memang, pada kulkas yang dilengkapi fitur defrost itu sudah pasti dilengkapi dengan wadah penampungan air. Tetapi, wadah penampungan air tersebut belum tentu mampu menampung seluruh bunga es yang dicairkan apabila dalam kapasitas yang besar dan terlihat cukup tebal.

banneracai TANAH WAKAF

Sehingga, perlu diperhatikan betul saat melakukan defrost pada kulkas ketika menghilangkan bunga es. Cobalah sedikit tekun untuk terus mengecek wadah penampungan air. Apabila sudah penuh, hentikan proses defrost dan kemudian buang seluruh air pada wadah penampungan. Setelah itu, ulangi kembali proses defrost dengan cara yang sama sampai bunga es benar-benar bersih. Apabila tidak dilakukan secara tekun, dapat membuat kulkas “kebanjiran” dan menyebabkan terjadinya resiko kerusakan lebih pada kulkas.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: