Google Kembangkan Teknology Hijau Ramah Lingkungan untuk Industri Property

Ilustrasi Teknology hijau (foto:linberbagi)
Ilustrasi Teknology hijau (foto:linberbagi)

Departemen pengembangan milik Google yang masih rahasia, atau yang disebut sebagai Google X, saat ini disebut-sebut sedang menggarap proyek teknology hijau yang dapat mengubah dunia arsitektur atau industri konstruksi. Proyek baru ini diberi nama “Genie”.

Informasi yang dilansir dari Archdaily, Sabtu 19 Oktober 2013, bahwa tim Genie sudah memberi laporan kepada pendiri Google, yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Teknologi terbaru tersebut kabarnya merupakan kolaborasi Cloud berbasis platform, yakni sebuah aplikasi perencanaan yang dapat membantu para insinyur dan arsitek dalam proses desain, khususnya untuk desain gedung-gedung besar dan gedung pencakar langit.

Berdasarkan laporan itu juga disebutkan bahwa Genie memiliki potensi untuk mengubah industri konstruksi menjadi lebih menguntungkan dari yang sebelumnya masih konservatif. Perubahan tersbut yaitu dari segi efisiensi dan ramah lingkungan pada konstruksi, desain, dan juga pemeliharaan.

Diharapkan dengan adanya penemuan baru dalam bidang industri konstruksi ini dapat meningkatkan efisiensi waktu antara perencanaan dan penjualan. Selain itu, penemuan ini juga diharapkan dapat membantu menekan biaya sekitar 30% hingga 50%.

Rupanya prototipe Genie telah dirilis dan sukses diterima dengan baik oleh para arsitek dan juga kalangan profesional industri. Bahkan salah satu perusahaan tengah mengembangkan prototipe ini. Perusahaan tersebut adalah Vannevar Technology Inc.

Diprediksi pada tahun 2050 kebutuhan perumahan akan meningkat 2 kali lipat seiring dengan meningkatnya urbanisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, Genie hadir sebagai jawaban untuk membantu memenuhi kebutuhan konstruksi yang meningkat tetapi tidak memberikan dampak negatif untuk bumi.

Sebagai informasi, bahwa saat ini industri konstruksi menggunakan sumber daya global lebih banyak. Konsumsi bahan baku sekitar 50% serta pasokan energi globar di kisaran 48%. Google berkomitmen untuk mempromosikan bahan bangunan teknology hijau ramah lingkungan. Genie akan menjadi solusi atas 40% limbah bumi padat dan 50% emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh industri konstruksi.(chy.rj)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.