Browse By

Global Warming Berpengaruh Terhadap Tumbuhan

Seperti yang diungkapkan Ilmuwan beberapa puluh tahun yang lalu bahwa global warming ( pemanasan global ) sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman di Amerika Serikat (AS). Berdasarkan catatan penelitian yang dilakukan Thoreau dan Aldo Leopold, tumbuhan asli di AS bagian Timur dapat berbunga dengan jumlah yang banyak dengan waktu satu bulan lebih awal ketimbang saat ditemukan pada penelitian sebelumnya.

Ilustrasi Gambar Global Warming (Foto: 123rf)

Tumbuhan asli seperti serviceberry dan nodding trillium yang hidup di kawasan Concord, Massachussetts dapat berbunga 11 hari lebih awal. Tahun 2012, di Wisconsin, dimana Leopold mencatat perkembangan tanaman mekar 67 tahun lalu, nampak mengalami perubahan yang semakin mencolok dengan tanaman mekar rata-rata hampir satu bulan lebih awal.

banneracai

“Sesuai rekaman sejarah, kami dapat membandingkan catatan penelitian baru-baru ini dari periode di mana perubahan iklim berlangsung dengan cepat berdasarkan gambaran terkait waktu yang dilewati, “kata Stan Temple, profesor emeritus dari Wildlife Ecology UW-Madison.

Tercatat 32 spesies tanaman asli Concord, Massachussetts yang diteliti dengan melibatkan juga catatan Thoreau, yang dilakukannya pada 1852 dan 1858. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perubahan waktu terkait mekarnya bunga memiliki implikasi luas pada hewan dan serangga, yang bergantung hidup pada tanaman. (apz)

Facebook Comments
%d bloggers like this: