Browse By

Gejala Diabetes yang Sering Diabaikan

Sharing!

ilustrasi gambar diabetes

Gejala pradiabetes yang tidak ditangani dengan cepat dapat berisiko menjadi diabetes untuk waktu yang akan datang. Beberapa kasus diabetes tipe 2 mempunyai gejala yang jelas seperti selalu rasa haus, sering ke kamar mandi dan rasa kebas di kaki atau tangan. Inilah gejala diabetes yang tidak terduga:

  1. Munculnya bercak gelap pada kulit

Kulit mulai timbul bercak gelap dan halus di sekitar belakang leher, siku atau tulang pangkal jari. Gejala ini menjadi pertanda tingginya kadar gula di dalam darah. Faktor general juga dapat mengubah kulit yang disebut acanthosis nigricans. Sanjiw Sani mengatakan ketika muncul bercak darah pasien maka kadar gula darah pasien akan dicek. Tingginya kadar insulin meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit sehingga peningkatan gula darah tidak terdeteksi. Disarankan untuk mengurangi berat badan minimal 5 kg agar kadar gula darah menjadi turun dan gejala tersebut berkurang. Cara lainya dengan terapi laser atau topical retina A.

  1. Penglihatan Anda jadi lebih jelas

Howard Baum mengatakan jika tiba-tiba tidak dapat melihat dengan jelas atau memiliki pandangan kabur ketika membaca bukanlah menjadi pertanda baik. Seorang pasien diabetes memiliki pengohatan yang baik kemudian ketika memulai pengobatan diabetes kembali butuh kacamata. Diabetes membuat kadar cairan di dalam tubuh berpindah sehingga penglihatan menjadi tidak menentu.

  1. Merasa gatal tanpa henti

Penyakit diabetes mengganggu peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi gatal dan kering. Pasien terdiagnosa diabetes akan merasa gatal di tangan, kaki dan telapak tangan sehingga dokter menyebutnya symptom. Apabila pelembab tidak dapat mengurangi rasa gatal sebaiknya periksakan ke dokter.

  1. Pendengaran Anda berubah

Ketika tidak dapat mengikuti percakapan seseorang disarankan untuk meminta tes gula darah. Berdasarkan sebuah studi dibuktikan jika kehilangan pendengaran menjadi awal dari gejala diabetes. Orang yang memiliki gula darah di atas normal tetapi belum masuk kriteria diabetes berisiko 30 persen terkena gangguan pendengaran dibandingkan mereka dengan kadar glukosa yang normal. Diabetes dapat merusak pembuluh darah dan saraf bagian dalam telinga sehingga pendengaran menjadi berkurang.

banneracai TANAH WAKAF
  1. Anda mendengkur sangat berisik

Osama mengatakan jika setengah juta penderita diabetes mengalami gangguan pernafasan tidur. Cirinya yaitu dengkuran keras dan mengantuk ketika siang hari sehingga disarankan untuk cek gula darah. Studi terbaru menunjukkan bahwa dua puluh tiga persen pasien yang memiliki gangguan sleep apnea ringan atau sedang berkemungkinan menderita diabetes 5,5 tahun ke depan. Jadi jika pasien yang mengalami gangguan pernapasan tidur, dapat melepaskan hormon stress yang akan meningkatkan kadar gula darah.

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: