Gedung di Jakarta Banyak yang Tidak Berkonsep

Gedung di Jakarta (Foto:wenythepooh)
Gedung di Jakarta (Foto:wenythepooh)

Sustainable Construction (Pembangunan Berkelanjutan) merupakan sebuah konsep pembangunan yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif atas pembangunan gedung di jakarta  yang dilakukan. Dengan konsep Sustainable Construction diharapkan dapat menjaga keseimbangan lingkungan.

Kota Jakarta adalah salah satu kota yang meiliki angka pertumbuhan pembangunan terbesar. Setiap tahunnya jumlah pembangunan gedung seperti perkantoran, mal, hotel, dan lain sebagainya selalu meningkat. Pembangunan tersebut dilakukan tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan di masa yang akan datang bagi lingkungan.

Jumat, 18 Oktober 2013, Davy Sukamtadi selaku Presiden Direktur Davysukamta & Partners Structural Engineers, mengatakan bahwa saat ini banyak pembangunan yang dilakukan sebagai investasi saja dan kemudian dibiarkan kosong. Tentu dibutuhkan kesadaran dari masing-masing individu untuk membangun sesuai kebutuhan. Dirinya juga mengatakan bahwa di di Jakarta banyak dibangun gedung tanpa memikirkan konsep.

Banyak kalangan yang berpikir bahwa untuk membangun gedung dengan kosep Sustainable Construction itu membutuhkan biaya yang mahal. Benar bahwa konsep tersebut memang mahal karena material yang digunakan masih harus import. Tetapi, hal yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini adalah efek jangka panjangnya.

Menurut Davy, dibutuhkan peran pemerintah dalam hal ini untuk menurunkan pajak barang import seperti material. Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa dalam pembangunan konses Sustainable Construction seperti contohnya adalah green building. Pemakaian energi di gedung perkantoran harusnya bisa dikurangi dengan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan (AC) yaitu dengan menggunakan kaca yang dapat memantulkan panas.

Kembali ditambahkan oleh Davy, bahwa di Jakarta untuk menerapkan Sustainable Construction pada gedung di jakarta dapat dimulai melalui penggunaan lahan yang lebih efisien dan hemat energi. Selain itu juga dengan membangun gedung berkonsep green building. (chy.rj)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.