Browse By

Eskalator Raksasa Permudah Aktifitas Warga di Pemukiman Kumuh

Sharing!

Eskalator Raksasa di Permukiman Kumuh

Medellin yang terkenal sebagai kota tua sekaligus kota terbesar kedua di Kolombia, ternyata juga dikenal sebagai kota yang miskin. Hal tersebut disebabkan karena terdapat banyak pemukiman kumuh di kota tersebut.

Pemukiman warga bertumpuk-tumpuk seiring dengan bentuk daratan yang berbukit. Dengan keadaan yang seperti itu, mengharuskan para warga di kawasan tersebut setiap saat harus menaiki tangga yang setara dengan gedung setinggi 28 lantai. Selain itu, kesulitan lain bagi warga sekitar yaitu tingginya tingkat kriminalitas. Bahkan, kota Medellin juga sampai dikenal sebagai kota yang paling berbahaya di dunia.

Menanggapi kesusahan warga, maka pemerintah setempat membangun sebuah eskalator raksasa yang terbentang dari bawah sampai bagian tertinggi dari pemukiman tersebut. Bahkan, eskalator yang ditutupi dengan atap kaca berwarna mencolok tersebut mencapai 384 meter panjangnya.

Informasi yang dilansir dari Dailymail, Rabu, 31 Juli 2013, bahwa eskalator tersebut dibagi menjadi 6 bagian dengan sebuah tempat pemberhentian. Di setiap tempat pemberhentian, terdapat satu orang petugas keamanan yang dilengkapi dengan senjata untuk menjaga ketertiban. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun konstruksi eskalator ini sebesar 4 juta poundsterling (Rp 62,5 miliar).

Sebagai informasi tambahan, bahwa pembangunan eskalator tersebut sudah selesai sejak tahun 2011 lalu. Tetapi, baru sekarang dipasang atap kaca sebagai penutup untuk mempermudah aktifitas warga dalam kondisi cuaca apapun.

banneracai TANAH WAKAF

Sebelum adanya eskalator ini, warga harus memakan waktu 35 menit untuk menuju bagian pemukiman paling atas. Saat ini, dengan kehadiran eskalator raksasa maka warga hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit. Adanya eskalator ini mempermudah kehidupan 12.000 warga kota Medellin.(chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: