Browse By

Empat kota pintar di dunia Bagian 2

Sharing!

Kota pintar identik dengan adanya teknologi dan juga pengembangan yang berkelanjutannya. dari Empat kota Pintar diantara 2 kota pintar lainnya di dunia adalah Tokyo dan Xianjiang , Rinjiannya sebagai berikut:

1.Kota Tokyo
Tokyo menjadi kota pilihan di jepang sebagai kota pintar, terbukti dengan adannya perusahaan berskala internasional seperti Panasonic, sharp, Mitsubishi yang menerapkan teknologi pintar di kota Tokyo.

Tokyo (Foto:tokyotimes)

Tokyo (Foto:tokyotimes)

Tokyo juga sebagai kota pencanang kota hijau dengan bukti adanya The Imperial Palace yang diistilahkan sebagai kota hijau di dalam kota Tokyo. Pada tahun 2015 pohon dijadikan sebagai tiang listrik penganti tiang listrik sebelumnya, dengan program Tokyo sejuta pohon. Selain go green, Tokyo juga mencanangkan pembaharuan energy yang bersumber dari energy surya dan angin dan juga sebagai pembangkit tenaga listrik.

Rumah di Tokyo dipasang system otomastisasi yang dapat memperkirakan cuaca, lampu LED dengan sel generator bertenaga matahari pencipta listrik sendiri, dan pemasangan telecommuting penyimpan emisi CO2 juta/ tahun.

2.kota Xinjiang
Selanjutnya kita mengenal kota pintar dengan nama Xinjiang berlatar belakang sebagai kota minyak terpencil, namun sekarang manjadi kota pintar di china. Filosofi kota yang digunakan adalah integrasi teknologi kesetiap aspek kehidupan yang ada di kota.

Xinjiang (Foto:farwestchina)

Xinjiang (Foto:farwestchina)

Basis kota ini adalah ponsel pintar, setiap stasiun kota terdapat layar elektronik yang terhubung dengan ponsel yang dapat diakses dan terhubung dengan system bus untuk mengetahui ketepatan kedatangan bus, web lalu lintas umum kota yang terhubung dengan ponsel, solusi untuk kemacetan. Sehingga 170% infrastruktur kota telah terhubung dengan ponsel.

banneracai TANAH WAKAF

Setiap rumah dipasang tombol “panic/ darurat” yakni tombol yang digunakan untuk kejadian yang membutuhkan petugas tanggap darurat cepat jika sesuatu membahayakan terjadi. System ini akan menghemat petugas agar langsung tanggap darurat pada titik kejadian tanpa banyak prosedur.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: