Browse By

Dubai Buktikan Dapat Membangun Gedung yang Ramah Lingkungan

Sharing!

Gedung The Change Initiative di Dubai (Foto:verdaus.com)

Gedung The Change Initiative di Dubai (Foto:verdaus.com)

Gedung pusat perbelanjaan yang berada di Dubai, memperoleh penilaian tertinggi dari Green Building Council Amerika Serikat. Gedung yang bernama The Change Initiative (TCI) memperoleh nilai 107 dari 110 poin Leadership in Energy & Environmental Design (LEED).

Dari hasil penilaian tersebut, gedung pusat perbelanjaan ini diberi gelar gedung komersial paling berpotensi di dunia. Gedung ini memiliki luas 4.000 meter persegi (m2) dan menyediakan cara hidup ramah lingkungan dan berkesinambungan kepada pelanggan.

Informasi yang dilansir dari Inhabitat, Jumat, 2 Agustus 2013, perolehan rating yang didapat gedung TCI telah melebihi rekor dari gedung Pixel dengan point 105. Namun, kemenangan yang didapat gedung TCI yang mengesankan itu masih diperdebatkan karena reputasi LEED yang akhir-akhir ini kontroversial.

Sekitar 26 titik strategi ramah lingkungan telah diterapkan pada gedung ini. Diantaranya ada cat reflektif, panel surya, isolasi tiga kali lebih tinggi dari gedung-gedung biasa, sistem daur ulang air hujan dan material bekas. Panel surya yang digunakan tersedia 40% dari seleuruh kebutuhan energi gedung.

Gedung TCI bukan satu-satunya gedung pertama yang telah mendapatkan rating LEED tertinggi di Dubai. Gedung Otoritas Listrik dan Air Dubai (DEWA) merupakan gedung pemerintahan terbesar yang telah meraih rating LEED dengan nilai 98 dari 110 poin.

banneracai TANAH WAKAF

Gundeep Singh, selaku Pendiri sekaligus CEO TCI, mengatakan bahwa banyak orang yang menilai jika Dubai kurang berpotensi. Namun, ternyata Dubai terbukti dapat membangun gedung terbesar, tertinggi serta berpotensi di dunia dan telah dibuktikan. Dirinya juga mengatakan bahwa telah merencakan pembukaan 25 pusat perbelanjaan TCI di seluruh dunia.(chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: