Browse By

Dengan Rasa Super Pedas Ayam Penyet Dapat Membuat Ketagihan!

Sharing!

Ilustrasi Penyetan Super Pedas

Ilustrasi Penyetan Super Pedas

Penyetan saat ini banyak sekali digemari masyarakat, misalnya untuk masyarakat Jakarta. Bagi Anda yang gemar dengan makanan Super pedas, tentunya Anda ketagihan dengan makanan ini. Makanan yang sudah banyak orang tahu, bahwa penyetan berasal dari kota Surabaya. Sebenarnya makanan khas Surabaya ini sangat simple sekali, menunya cukup dengan ayam goreng dengan ditemani sambel dan lalapan kemudian dipenyet agar terasa empuk sudah cukup menarik perhatian banyak orang.

Memang kayanya makanan penyetan ini biasa saja, tetapi bagi yang gemar dengan pedas justru pemuas napsu makan yang paling nikmat. Dan keistimewaan makanan ini, selain dari lauknya dan tentunya terletak pada sambalnya yang sangat pedas.

Jika Anda ingin mencoba penyetan bisa kunjungi Jalan Mampang Prapatan Raya No.21. Warung penyetan ini bisa menjadi cara alternative untuk menu buka puasa Anda. Dengan berbagai hidangan yang tersedia, seperti ayam penyet, cah kangkung, tahu goreng, dan singkong khas Thailand yang hanya khusus dibuat saat bulan ramadhan tiba.

Ketika beduk terdengar di kuping Anda, tidak lupa makanan khas bulan puasa yang biasa disebut dengan takjil kolakpun dibagikan secara gratis dengan ditemani oleh minuman teh tawar yang hangat untu menghilangkan dahaga Anda yang seharian kering. Untuk hidangan inti, ayam penyetpun dihidangkan bersamaan dengan nas, sambal dan lalapan yang ditaruh di sebuah cobek kecil.

Dengan ukuran yang sedang, ayam terasa lebih empuk sehingga sangat terasa proses pengungkepannya yang dilakukan dengan sempurna dengan menggunakan bahan-bahan yang telah rata masuk ke dalam daging ayam. Selain rasa ayam yang nikmat, sambelnyapun terasa sangat pedas. Dengan menggunakan ulekan yang sangat sederhana, cabai rawit dan bawang putih diulek secara bersamaan sehingga menambah kedahsyatan rasa pedasnya. Namun, justru cara ini yang membuat banyak orang ketagihan bahkan membuat orang semakin bercucuran keringat dan justru rasanya itu tidak akan pernah membuat orang merasakan kapok.

Jika Anda tidak terbiasa dengan masakan yang pedas dan perut merasa tidak kuat, baiknya jangan makan sambel terlalu banyak. Menurut Dewi, pemilik warung ini, telah biasa menghabiskan cabai rawit perhari mencapai 3-4kg. Sebagai tandingan dari sambel bawang, biasanya Dewi menyediakan jenis sambal lainnya, misalnya sambel terasi. Sehingga dengan adanya sambal terasi, warung ini akan terasa lebih beda dibandingkan dengan warung lainnya. Namun penyediaan sambel terasi untuk menu bebek goreng atau tahu goreng.

Menurut Dewi, usaha warung makan ini pertama kali di daerah bilangan Pondok Gede sejak tahun 2011. Sajian ayam penyet ini cenderung sejalan dengan rasa gurih dan pedas yang sesuai dengan citarasa Surabaya. Sebelum ayam digoreng, biasanya ayam diungkep terlebih dahulu dengan beberapa bahan, misalnya bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, lengkuas, dan garam. Setelah digoreng, ayam dipenyet dengan cara digeprek diatas sambel yang sudah jadi dan cocok dinikmati dengan nasi yang pulen dan hangat.

Selain warung ini menyediakan ayam penyet, ada pula ayam bakar dan bebek goreng. Dengan cara dipresto selama 30 hingga 35 menit, daging bebek akan menjadi empuk. Dan sebelum digoreng, daging bebek juga perlu diolesi dengan bumbu ungkep supaya rasa lebih nikmat dan gurih. Menu penyetan ini sangat cocok jika dipadukan dengan cah kangkung atau cah tauge.

Menurut Dewi, rumah makan ini satu hari bisa menghabiskan 75 hingga 100 ekor ayam. Pelayananpun kebanyak melalui delivery atau antar sehingga rumah makan ini memiliki pelanggan hingga berbagai perusahaan, baik itu dari Jakarta Selatan ataupun Jakarta Pusat.

banneracai TANAH WAKAF

Dan untuk minumanpun, rumah makan ini tak mau kalah enaknya dengan makanan. Rumah makan inipun menyediakan berbagai minuman jus segar, lemon squash, dan kyuri line. Untuk bulan puasa seperti saat sekarang, rumah makan ini menyediakan secara khusus takjil seperti kolak, singkong Thailand, kurma, dan es buah. Untuk mencoba hidangan di rumah makan ini, Anda tidak perlu menunggu hingga gajian tiba, karena harga yang tersedia cukup menjangkau sekali. Denga harga lima puluh ribu, Anda sudah bisa menikmati hidangan ini berdua dengan teman kantor atau pasangan Anda. (chy.rj)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: