Browse By

Dahlan Iskan Bantu Dongkrak Pergerakan Rupiah

Sharing!

Dahlan Iskan (kompasiana.com)

Pernyataan Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengenai koordinasi BUMN dan Bank Indonesia (BI) dalam bentuk pembelian dolar AS oleh BUMN, berpengaruh positif dengan menguatnya pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Menurut Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities , hal tersebut dipicu oleh sentimen yang berasal dari dalam negeri . Koordinasi BUMN dan BI dalam bentuk pembelian dolar AS oleh BUMN terutama Pertamina.

Reza, ketika ditemui wartawan di Jakarta, 18 Januari 2013, menjelaskan, “koordinasi pembelian dolar AS tersebut dapat dilakukan secara langsung, tanpa melalui pasar. Sehingga, mengurangi tingkat volatilitas rupiah terhadap rupiah.”

Di samping itu, kabar baik juga datang dari pasar global, yakni Dana Moneter Internasional (IMF) yang menyetujui pencairan dana bailout untuk Spanyol dan Portugal yang diperkiraan berdampak positif dalam pertumbuhan ekonomi China.

banneracai TANAH WAKAF

Dia juga menandaskan, “rupiah juga mendapat sentimen positif dari laporan Beige Book AS dimana angka inflasi masih rendah di level 1,7 persen (YoY) sehingga masih membuka peluang stimulus lanjutan.” (apz)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: