Browse By

Cuci Tangan sebelum makan, Ketahuilah ada Jutaan Bakteri

Sharing!

Mencuci Tangan (Foto:family.fimela)

Sebagian orang mungkin menganggap remeh aktivitas mencuci tangan sebelum makan. Kenyataannya, banyak masyarakat yang terserang berbagai penyakit akibat dari menyepelekan cuci tangan sebelum makan.

Berdasarkan data WHO, tangan mengandung 39.000-4.600.000 CFU/cm2 kuman bakteri yang berpotensi tinggi mengakibatkan penyakit infeksi menular. Menurut Dr. Robert Imam Sutedja, Ketua Kompartemen Umum Humas Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), tangan merupakan salah satu media penyebaran kuman melalui suatu permukaan yang disentuhkan ke permukaan lainnya.

“Lima bakteri yang terdapat di makanan pada pukul 12.00 akan bertambah berkali-kali lipat menjadi 10 juta bakteri pada pukul 19.00. Setelah tiga hari, kuman tersebut tidak akan mati,” ucapnya ketika menjadi seorang pembicara di acara Teknologi Mutakhir sebagai Perlindungan dari Kuman dan Perannya dalam Mencegah Infeksi Nosokomial di Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

banneracai TANAH WAKAF

Selain itu, sejalan dengan perpindahan masyarakat, tambahnya, bakteri juga akan ikut berpindah melalui makanan, air, nyamuk, lalat, hewan peliharaan, saat bersin, batuk, dan mengusap mata. Terlebih lagi, dengan melalu udara, beberapa kuman dapat berpindah dari satu permukaan ke permukaan lainnya. Menurut Robert, Jika tidak mencuci tangan juga akan menimbulkan penyakit diare sebesar 50% dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) sebesar 45%”. (chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: