Browse By

Cara Atasi Mual Karena Kelebihan Cairan Empedu

Sharing!

Ilustrasi Wanita Mual (foto:cni-sidoarjo)

Ilustrasi Wanita Mual (foto:cni-sidoarjo)

Empedu adalah salah satu hasil metabolisme tubuh yang dihasilkan hati dan produksinya sesuai kebutuhan tubuh. Berlebihnya produksi empedu disebabkan karena pola hidup yang tak sehat ataupun adanya gangguan pencernaan. Contohnya, ketika asupan makanan terlalu berlebih sehingga kinerja dalam mencerna tidak maksimal. Dan ketika itu pula cairan empedu yang dihasilkan akan lebih banyak sehingga memberikan efek mual atau muntah bahkan depresi.

Empedu yang tersimpan dalam kantong empedu mempunyai manfaat untuk membantu mencerna makanan dan mengeluarkan toksin dari tubuh. Dengan komposisi hampir 90% air dan sisanya lemak, lendir, garam empedu serta garam anorganik.

Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh ketika berlebihnya produksi cairan empedu :

1. Mengoreksi pola makan
Seperti penjelasan diatas, bahwa ketika asupan makanan terlalu berlebih sehingga kinerja dalam mencerna tidak maksimal. Dan ketika itu pula cairan empedu yang dihasilkan akan lebih banyak sehingga memberikan efek mual atau muntah. Maka dari itu jagalah porsi makan serta hindari makan sebelum tidur.

2. Kurangi makanan berlemak
Pentingnya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula supaya tidak mual, karena dicerna lebih lama dalam tubuh sehingga empedu yang dihasilkan untuk membantu pencernaan juga lebih banyak. Contohnya, gorengan, keju, susu dan aneka kue.

3. Perbanyak minum air
Memperbanyak minum air putih akan membantu menekan laju produksi cairan empedu. Ini adalah cara mudah sekaligus efektif untuk terhindar dari mual, kembung,radang lambung dan gelisah . Jadi disarankan untuk membiasakan diri meminum airputih setiap sebelum dan sesudah tidur untuk membantu memaksimalkan kerja sisitem pencernaan.

4. Hindari makanan tinggi asam
Selain menghindari makanan tinngi lemak, hindari pula makanan tinggi asam. Seperti kopi, jeruk ,lemon dan lain-lain. Karena zat asam akan meningkatkan pengeluaran asam lambung dan cairan empedu yang berakibat pada rasa mual atau kembung.

banneracai TANAH WAKAF

5. Mulai berolahraga
Salah satu cara efektif lain yang bisa dilakukan ketika sering merasa mual adalah dengan berolahraga. Karena ini bersifat pencegahan. Dengan olahraga teratur, tubuh akan senantiasa sehat dan tidak gampang sakit. Cukup dengan gerakan ringan secara teratur akan membantu mengoptimalkan kinerja pencernaan serta mengendalikan kadar cairan empedu dalam tubuh.(chy)

Facebook Comments

Sharing!

%d bloggers like this: