Cara Agar Mahasiswa Bisa Belajar Fokus

Ilustrasi Mahasiswa Belajar (foto:arenakarier)
Ilustrasi Mahasiswa Belajar (foto:arenakarier)

Saat memasuki bangku kuliah tentunya akan menyita waktu dan akhirnya membuat mahasiswa sulit untuk fokus dan membuat malas kuliah. Peneliti dari University of Miami merancang penelitian untuk program pelatihan konsentrasi (mindfulness training) selama 7 minggu. Amishi Jha mengatakan jika itu merupakan program pertama yang berintegrasi dengan kalender akademik. Ini bukan program yang dijadikan mata kuliah tetapi wajib dijalani mahasiswa berdasarkan jadwal perkuliahan mereka.

Manfaat program ini terlihat saat diambil sampel 58 mahasiswa S1 dari University of Miami dan membagi mahasiswa menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ikut program pelatihan konsentrasi selama 7 minggu dan kelompok kedua tidak ikut program tersebut. Kemampuan berkonsentrasi di uji saat awal semester yang akan dibandingkan dengan uji konsentrasi kedua saat ujian akhir semester. Hasilnya membuktikan jika mahasiswa yang ikut program pelatihan konsentrasi dalam 7 minggu akan mengalami tingkat kenaikan konsentrasi.

Amishi Jha mengatakan itu dapat dibuktikan dengan berkurangnya mahasiswa yang melamun di kelas dan mengerjakan tugas lebih baik sesuai dengan petunjuk. Mahasiswa yang ikut program ini mengalami kenaikan nilai ujian meskipun tidak meningkatkan kepintaran mahasiswa. Amishi Jha juga mengatakan kemampuan menyimpan yang telah dipelajari tidak akan meningkat tetapi jika pikiran terkonsentrasi mahasiswa tidak lagi melamun dan tingkat pembelajaran akan lebih baik. (chy)

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.